Ada Kabar Terbaru Soal Tol di Kota Raksasa Pinggiran DKI

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
07 September 2021 11:14
Tangkapan Layar Google Earth Kawasan Dadap, Tangerang, Banten pada Tahun 2018. (Tangkapan Layar Google Earth)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kota baru 'raksasa' sedang dibangun pada kawasan pantai utara (pantura) Kabupaten Tangerang, Banten. Kota ini merupakan PIK2 yang berlokasi di kawasan Kosambi, Tangerang. Pada kawasan ini rencananya juga akan disiapkan akses tol yang menghubungkan kawasan kota baru ini.

Pada dokumen Simpul KPBU Kementerian PUPR, ada usulan proyek jalan tol Kamal - Teluk Naga - Rajeg sepanjang 38,6 km yang akan memotong kawasan pesisir Kabupaten Tangerang. Dengan nilai investasi mencapai Rp 18,51 triliun termasuk biaya konstruksi mencapai Rp 8,68 triliun.

Proyek ini adalah jalan tol lingkar utara yang bertujuan mengembangkan kawasan kabupaten Tangerang bagian utara. Ruas jalan tol ini dimulai dari wilayah Cikupa, Rajeg, dan Mauk yang akan terkoneksi dengan Jalan tol Sedyatmo atau kawasan Bandara Soekarno Hatta.

Namun proyek ini belum juga ditenderkan sampai sekarang. Sampai saat ini statusnya masih dalam persiapan lelang. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit mengatakan proses lelang proyek ini masih menunggu persetujuan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Masih dalam persiapan, ditetapkan segera setelah ada izin Menteri," katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (7/9/2021).

Untuk diketahui proyek ini diprakarsai oleh PT Duta Graha Karya, tol ini juga direncanakan memiliki 7 interchange, 2 junction, dan 1 on ramp, selain itu terdapat 4 jembatan dan 5 underpass.

Penetapan lokasi pembangunan jalan tol Kamal - Teluk Naga - Rajeg sudah ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Banten Nomor : 596/Kep.120-Huk/2021 per tanggal 25 Mei 2021. Dimana luas tanah yang dibutuhkan mencapai 401,15 hektare. Pembebasan lahan dan pembangunan diperkirakan memakan waktu 36 bulan.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ragunan, TMII, dan Ancol Masih Tutup Hari Ini!


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading