Banyak 'Istana' Orang Kaya di DKI Dilelang Bank, Tanda Apa?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
03 September 2021 15:24
Lelang rumah di Jl. Intan Ujung No.7B, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. (Tangkapan Layar via lelang.go.id)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak rumah super mewah bak istana di kawasan elite DKI Jakarta yang dilelang oleh bank pada masa pandemi Covid-19 ini. Ini menandakan bisa jadi sang pemilik tak sanggup memenuhi kewajiban atau kondisi lainnya sehingga disita perbankan akhirnya aset dilelang.

Hal ini terlihat dari situs lelang.go.id milik Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan. Beberapa 'istana' orang kaya yang dilelang dengan harga puluhan miliar rupiah, lokasinya dari Menteng, Kelapa Gading, sampai Cilandak, dan lainnya.

Salah satu bidang rumah dan tanah seluas Rp 790 m2 di Jalan Permata Mirah Blok T I Persil No. 1, Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Rumah mewah ini di jual dengan nilai limit Rp 60.958.850.000 dengan penawaran tertutup atau tidak tatap muka, oleh PT Bank Negara Indonesia melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III.


Lelang rumah di Jl. Intan Ujung No.7B, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. (Tangkapan Layar via lelang.go.id)Foto: Lelang rumah di Jl. Intan Ujung No.7B, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. (Tangkapan Layar via lelang.go.id)
Lelang rumah di Jl. Intan Ujung No.7B, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. (Tangkapan Layar via lelang.go.id)

Lelang berakhir pada 16 September 2021 pukul 11.00 WIB, dengan kode lot lelang O2VFAI.

Selain itu ada rumah dan sebidang tanah 1.078 m2, di Jl. Cut Nyak Dien No.4 Gondangdia, menteng Jakarta Pusat di lego oleh PT Bank of India Indonesia Tbk, dengan harga limit Rp 71.720.000.000.

Lelang dilakukan dengan Eksekusi Hak Tanggungan dengan perantara kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V, dilakukan tanpa kehadiran peserta lelang menggunakan aplikasi lelang internet (e-auction) dengan cara penawaran tertutup (close bidding) atau tanpa kehadiran, terhadap jaminan debitur Heera Bhagwandas Kirpalani.

Ada pula rumah dan bidang tanah seluas 900 m2, bertepatan di Jl. Ray Sanur No. 26, Kelapa Gading Barat, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara, dengan nilai limit Rp 30.166.220.00.

Rumah dan bangunan ini dijual oleh PT Bank Central Asia, melalui KPKNL Jakarta III. Proses lelang dilakukan tanpa kehadiran peserta dengan menggunakan aplikasi Lelang Internet (e-auction) dengan cara penawaran closed bidding pada domain www.lelang.go.id.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading