Hyundai Casper Bisa Jadi 'Penghancur' Ignis-Raize-Rocky?

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
31 August 2021 15:17
Hyundai AX1 (Foto: Paultan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia otomotif akan kedatangan SUV mungil dalam waktu dekat. Seperti dilaporkan detik.com, Hyundai sedang mempersiapkan SUV mungil tahun ini. Mobil tersebut diberi kode nama AX-1 yang konon akan menggunakan nama Hyundai Casper.

Mengutip Autocar, Senin (30/8/2021) Hyundai Casper akan diproduksi dan debut pertama kali di Korea Selatan (Korsel) pada September 2021. Menyusul bakal dipasarkan berikutnya di negara berkembang seperti India.

Di pasar India, Hyundai Casper digadang-gadang bisa berhadapan langsung dengan Suzuki Ignis, Tata HBX, hingga Suzuki S-Presso. Ya, Hyundai Casper akan diluncurkan sebagai micro SUV alias SUV Mungil. Hyundai Casper bakal menjadi mobil termungil pabrikan asal Korea ini secara global. Dimensinya bakal lebih kecil dari Creta, Venue, dan Kona.

Bocorannya, Hyundai Casper akan dibangun di atas platform K1 yang sudah digunakan oleh Hyundai Grand i10 dan Santro. Artinya Hyundai Casper tidak akan memiliki panjang lebih dari 4 meter atau berkisar antara 3,7 meter hingga 3,8 meter.

Berdasarkan dokumen terkait spesifikasi mesin yang digunakan di Korea Selatan, kabarnya Hyundai Casper akan mendapatkan pilihan jantung pacu 1.0 liter naturally aspirated, dan 1.0 liter TGDI turbo.

Besar kemungkinan mesin 1.0 liter TGDI turbo akan menjadi varian tertinggi. Namun melihat kompetitor untuk memangkas harga lebih murah, Hyundai Casper juga berpotensi mendapat jantung pacu 1.2 liter naturally aspirated.

Hyundai AX1 (Foto: Paultan)Foto: Hyundai AX1 (Foto: Paultan).



Foto-foto Hyundai Casper dalam kamuflase memang sudah bertebaran. Jika diperhatikan secara detail, lampu depan mobil ini bakal menggunakan teknologi proyektor melingkar yang terintegrasi ke dalam bumper dengan cincin LED yang berfungsi sebagai daytime running light alias DRL. Di atas lampu mini SUV Hyundai itu ada cluster lain yang kemungkinan untuk lampu sein.

Sementara itu, lampu belakang Hyundai AX1 memiliki corak segitiga yang cukup menonjol dan terkesan ramai. Foto spyshot Hyundai AX1 sebelumnya juga menunjukkan bahwa mobil ini akan memiliki tampilan pilar C yang lebar.

Belum ada info Hyundai Casper bakal melantai juga di Indonesia. Pasar SUV compact nan mungil memang tengah menjadi pasar baru menurut pabrikan mobil di Tanah Air. Jika masuk pasar Indonesia, Hyundai Casper bakal berhadapan langsung dengan Suzuki Ignis, Nissan Magnite, Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan yang terbaru Renault Kiger.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading