Yang Lain Turun, Mohon Maaf Jogja & Bali masih PPKM Level 4

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
30 August 2021 20:07
Menko Marves Luhut B. Pandjaitan saat memberikan keterangan pers mengenai Update Penanganan Pandemi Covid 19 (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Marves)

Jakarta, CNBC Indonesia - Meskipun sejumlah wilayah aglomerasi sudah mendapatkan pelonggaran PPKM, namun kondisi yang berbeda terjadi Yogyakarta dan Bali. Kedua wilayah itu dinyatakan masih berada dalam PPKM Level 4, tingkat pembatasan sosial tertinggi saat ini.

"Terdapat dua wilayah aglomerasi yang masih pada level 4, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali," ujar Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (30/8/2021).

Meski demikian, Luhut menegaskan kedua wilayah ini akan turun ke PPKM level 3 dalam beberapa hari ke depan. Hal itu karena adanya tren perbaikan penanganan Covid-19.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kondisi Covid-19 di Indonesia terus membaik dalam 7 hari terakhir. Alhasil, tingkat keterisian rumah sakit semakin turun.

"Alhamdulillah atas kerja keras seluruh pihak dan rida Allah SWT dalam satu minggu terakhir ini sudah terjadi tren perbaikan kasus Covid-19. Tingkat positivity rate terus menurun dalam 7 hari terakhir. Tingkat keterisian RS untuk kasus Covid-19 membaik. Rata-rata BOR di sejumlah wilayah sebesar 27%," ujar Jokowi dalam konferensi pers, Senin (30/8/2021).

Dengan kondisi tersebut, maka pemerintah menetapkan ada sejumlah wilayah yang mendapatkan pelonggaran dalam PPKM pada 31 Agustus hingga 6 September 2021.

"Untuk wilayah Jawa dan Bali terdapat penambahan aglomerasi yang masuk level 3, yakni Malang Raya dan Solo Raya. Sehingga wilayah yang masuk ke dalam level 3 pada penerapan minggu in adalah aglomerasi, Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, Malang Raya dan Solo Raya," ujar Presiden

"Semarang Raya berhasil turun ke level 2," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading