Terpapar Covid-19, Masih Bisa Ikut Ujian Seleksi CPNS?

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 August 2021 17:15
Tes CPNS di Tengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 direncanakan berlangsung pada 2 September 2021. Penyelenggaraan itu menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun ikut menyesuaikan diri dalam pelaksanaan seleksi CPNS di tengah pandemi Covid-19. BKN pun mulai menyiapkan tata cara pelaksanaan seleksi CPNS agar aman dan tidak ada penyebaran virus corona.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengatakan bahwa peserta yang terpapar Covid-19 tetap bisa mengikuti seleksi CPNS. Kendati demikian, harus melalui sejumlah ketentuan yang ditetapkan.


"Peserta seleksi yang terkonfirmasi COVID-19 dan sedang menjalani isolasi wajib melaporkan kepada Instansi yang dilamar/ bersangkutan. Instansi tersebut akan bersurat kepada BKN disertai bukti surat rekomendasi dokter dan/atau hasil swab PCR dan keterangan menjalani isolasi dari pejabat yang berwenang," kata Suharmen saat Konferensi Pers BKN, Rabu (25/8/2021).

Ketentuan itu, merupakan permohonan agar peserta seleksi CPNS yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 dapat dijadwalkan ulang di akhir seleksi di lokasi tempat peserta tersebut mengikuti seleksi atau lokasi BKN terdekat.

Tidak hanya itu, Suharmen mengatakan bahwa peserta positif COVID-19 yang tidak sedang isolasi akan tes di ruangan khusus dan terbuka. Mereka akan mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang ditetapkan di ruangan khusus yang disediakan di titik lokasi.

"Bagi peserta seleksi yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan tidak sedang menjalani isolasi atau sudah menjalani isolasi, panitia seleksi dari instansi melaporkan kepada tim pelaksana CAT BKN. Selanjutnya, mereka akan dibuatkan berita acara yang menerangkan bahwa peserta terkonfirmasi positif Covid-19. Instansi harus melakukan penjadwalan dan peserta yang positif harus tes di ruangan terbuka jadi enggak boleh ada dalam ruangan tertutup atau AC," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Skema Terbaru Penerimaan CPNS 2021 di Tengah Pandemi


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading