Selain Tol Atas Awan, China Bikin Terowongan Tertinggi Dunia!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
23 August 2021 13:40
Xinjiang-Tibet Highway, jalan bebas hambatan tertinggi di dunia. (Dok: The World Company )

Jakarta, CNBC Indonesia - China memang tidak main-main soal pembangunan infrastruktur. Selain membuat jalan tol 'atas awan' tertinggi di dunia, tapi pemerintahan yang dipimpin Xi Jinping ini juga membangun terowongan tertinggi di dunia.

Belum lama ini ruas tol 'atas awan' tertinggi di dunia menghubungkan Nagchu-Lhasa sepanjang 295 km beroperasi sepenuhnya pada Sabtu (21/8).

Melansir Xin Hua, pada April 2019 lalu, pemerintahan China sudah mengoperasikan terowongan tertinggi di Gunung Mila. Terowongan ini merupakan jaringan tol di pegunungan yang menghubungkan Kota Lhasa dengan Nyinghi, China Barat Daya, Tibet.


Terowongan ini berada di ketinggian 4.750 meter di atas permukaan air laut, dengan panjang mencapai 5,7 km dengan dua arah lajur, yang juga tersambung dengan jalan tol tertinggi di dunia pada daerah itu.

Konstruksi terowongan ini sudah dimulai sejak 2015 lalu dan selesai pada 2019. Terowongan ini juga membantu memperpendek jarak melewati gunung itu yang tadinya 18 km menjadi 5,7 km.

Saking tingginya, terowongan ini setara puncak Gunung Trikora atau Ettiakup yang berada di Papua Barat, Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 4.751 meter. Gunung Trikora menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Puncak Jaya dan puncak Mandala.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh Warga 69 Desa Kaya Mendadak Gegara Proyek Tol Jokowi


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading