Janji Erick Thohir: Cicilan Pinjaman PNM Turun November

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 August 2021 10:16
Menteri BUMN Erick Thohir di acara Kedatangan Dukungan Alat Kesehatan Covid-19 dari New York, 17 Agustus 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan cicilan pinjaman program membina ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar) PT Permodalan Nasional Madani (Persero) alias PNM akan turun mulai November 2021.

Hal tersebut dikemukakan Erick Thohir saat meninjau kegiatan pelaku UMKM nasabah PNM di Desa Kentong, Kecamatan Cepu, Kabupaten Biora, Jawa Tengah, akhir pekan lalu, seperti dikutip, Senin (23/8/2021).

"Saya berterima kasih kepada ibu-ibu yang menjaga perekonomian mikro tetap berjalan," kata Erick.


Erick mengatakan dalam waktu dekat pemerintah akan membentuk holding BUMN ultra mikro yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pegadaian (Persero).

"Untuk membantu pendanaan sektor ekonomi mikro dan kecil, agar cicilan dari pinjaman produktif lebih ringan. Insya Allah bulan November cicilan akan turun," kata Erick.

Erick lantas mengucapkan terima kasih kepada kaum perempuan, terutama nasabah PNM Mekaar yang telah menjadi tulang punggung ekonomi keluarga karena tetap produktif dan memanfaatkan kehadiran dan akses permodalan.

Menurut Erick, dengan fokus pada usaha yang digeluti, disiplin dalam memenuhi kewajiban, dan ikhlas dalam bekerja, perekonomian mikro yang dirintis para ibu rumah tangga itu akan meningkat.

"Saya menitipkan pesan agar ibu-ibu nasabah PNM ragu dengan pinjaman produktif untuk memulai dan mengembangkan usaha. Pasti akan didampingi pelatihan agar dapat naik kelas," katanya.

"Oleh sebab itu, saya minta agar pinjaman digunakan untuk mengembangkan usaha, dan bukan untuk membeli barang-barang konsumtif. Kuncinya kerja keras dengan ikhlas dan disiplin," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading