Siapkan Uang! Ini Daftar Mobil Baru Rilis Sampai Akhir 2021

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
22 August 2021 16:30
Honda N7X (dok. ist/Honda Prospect Motor)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap tahun Agen Pemegang Merek (APM) mobil ada saja meluncurkan kendaraan baru. Begitu juga tahun ini, pandemi gelombang kedua tidak membuat rencana penyegaran model hingga peluncuran mobil baru di Indonesia.

Hyundai Agresif Luncurkan Model Baru

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang sudah masuk dengan nilai investasi besar dan sudah membangun pabrik di Cikarang, agresif meluncurkan jenis kendaraan terbaru. Pertama di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan nama Hyundai Staria.


PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi akan mengeluarkan Hyundai Staria. (Dok: headlightmag)Foto: PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi akan mengeluarkan Hyundai Staria. (Dok: headlightmag)
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi akan mengeluarkan Hyundai Staria. (Dok: headlightmag)

Pada Jumat (20/8/2021) merekan mobil asal Korea Selatan in sudah diluncurkan, dan siap berebut ceruk pasar dengan Toyota Alphard hingga Honda Odyssey di Indonesia. Ada dua jenis varian, pertama Model Staria Signature itu dibanderol seharga Rp 1,020.000.000 (On The Road/OTR Jakarta), lalu untuk Staria Signature dengan 9 seater dijual Rp 888.000.000 (OTR Jakarta).

Chief Operating Office (COO) Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun mengatakan rencananya dalam waktu dekat akan meluncurkan dua jenis mobil. Satu bermesin konventional Internal Combustion Engine (ICE) dan mobil listrik pada Maret 2022.

"Akhir tahun ini akan meluncurkan satu mobil ICE, dan untuk tahun depan mengeluarkan dua model. Satu ICE dan satu mobil listrik pada bulan Maret secara CKD (completely knock down) di Indonesia tahun depan mulai," katanya dalam Investor Daily Summit, Rabu (14/7/2021).

Selain itu, Pihak Hyundai juga menjawab spekulasi tentang peluncuran mobil baru di kelas low MPV, yang saat ini masih dirajai oleh Toyota Avanza.

"Iya MPV-nya mungkin tahun depan kali," kata Vice President of Hyundai Motor Asia-Pacific Hong Kong, Lee Kang Hyun kepada CNBC Indonesia, dikutip Minggu (22/9/2021).

Amunisi Baru Honda di Low MPV

Honda juga akan memperkenalkan mobil terbarunya, yakni Honda N7X, yang akan menjadi pesaing baru bagi Toyota Avanza. N7X Concept ini diperkenalkan di Main Atrium, Trans Studio Mall Bandung pada 10 - 13 Juni 2021 lalu.

Rencananya mobil ini akan dirilis untuk pasar Indonesia pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Namun seiring dengan mundurnya acara itu, peluncuran N7X pun akan ikut mundur.

"GIIAS N7X diundur lagi sampai November (2021). Memang saya pernah bicara N7X kita tunggu di GIIAS, pada dasarnya memang kami tetap mendukung GIIAS walau diundur sampai November dengan pengenalan produk di ajang ini," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy.

Suzuki S-Presso (Suzuki India)Foto: Suzuki S-Presso (Suzuki India)
Suzuki S-Presso (Suzuki India)

Suzuki Luncurkan Mobil Murah

Suzuki juga dikabarkan akan meluncurkan mobil baru di kelas Low Cost Green Car (LCGC), bernama S-Presso. Mobil dengan kapasitas mesin 1.000 cc ini sudah tercium pergerakanya, karena sudah ada Namanya pada website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Dalam pangkalan data kekayaan intelektual terlihat nama S-Presso didaftarkan Suzuki Motor Corporation sejak 25 Maret 2021. Suzuki S-Presso didaftarkan dengan nomor permohonan DID2021020609.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading