Sinar Mitbana Mas Intermoda Vaksinasi 5.747 Orang di BSD City

News - Hidayat Arif Subakti, CNBC Indonesia
20 August 2021 14:28
Vaksinasi

Jakarta, CNBC Indonesia - Sinar Mitbana Mas Intermoda, sebuah perusahaan konsorsium antara Mitbana (perusahaan gabungan dari Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong) dan Sinar Mas Land turut mendukung upaya pemerintah untuk berjuang bersama masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Tidak hanya berperan dalam aspek pembangunan, PT Sinar Mitbana Mas Intermoda juga memperhatikan kondisi sosial, terutama bagi masyarakat BSD City dan semua lapisan masyarakat di sekitar proyek, di saat pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini. Salah satunya adalah dengan dilaksanakannya sentra vaksinasi guna mendukung program pemerintah dalam mencapai kekebalan komunitas.

Sentra vaksin ini berlokasi di Terminal Intermoda BSD City yang berada di sisi pembangunan proyek Transit-Oriented Development (TOD) Intermoda yang dikembangkan oleh Mitbana dan Sinar Mas Land sebagai TOD terintegrasi di Indonesia.


Kegiatan vaksinasi yang berlangsung pada 12-16 Agustus 2021 ini juga ditinjau langsung oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada hari pertama penyelenggaraannya. Beliau menyampaikan apresiasi kepada kedua perusahaan.

"Mitbana dan Sinar Mas Land sejauh ini membantu Indonesia membangun fasilitas jangka panjang dan infrastruktur untuk masyarakat luas. Pusat vaksinasi ini adalah bukti konsistensi dari komitmen mereka. Kami senang atas dukungan kedua perusahaan terhadap upaya pemerintah pusat untuk mempercepat tingkat vaksinasi dalam menanggulangi pandemi Covid-19," kata Ahmed Zaki saat pembukaan Sentra Vaksinasi Intermoda TOD di BSD City, Kamis (12/8/2021).

Perwakilan Mitsubishi Corporation dan Mitbana, Maresuke Endo menyampaikan, "Dalam situasi yang memprihatinkan ini, perusahaan berkomitmen untuk membantu masyarakat setempat dalam menghadapi Covid-19. Bersama Sinar Mas Land, kami menggunakan tempat yang sudah tersedia, yakni di Terminal Bus intermoda, sebagai Sentra Vaksinasi Intermoda TOD. Semoga hal ini dapat memberikan kontribusi bagi keamanan dan kenyamanan masyarakat demi ketahanan sosial dan ekonomi," ujar Maresuke kepada CNBC Indonesia pada acara Vaksinasi di Terminal Intermoda BSD City, Minggu(15/8/2021).

Pada saat yang sama, Division Head of ITC Group - Sinar Mas Land, Christine Tanjungan yang juga pelaksana Sentra Vaksin Intermoda TOD, menyampaikan "Berkat pengalaman kami sebelumnya mengadakan kegiatan sentra vaksinasi, kami dari ITC Group, yang merupakan bagian dari Sinar Mas Land, diberikan kepercayaan oleh PT Sinar Mitbana Mas Intermoda sebagai pelaksana kegiatan vaksinasi bagi warga BSD City dan masyarakat sekitar proyek Intermoda TOD ini."

Christine melanjutkan bahwa kegiatan vaksinasi diadakan guna menunjang program pemerintah tidak hanya untuk mencapai herd immunity, namun juga untuk mempercepat terjadinya pemulihan ekonomi. Kegiatan ini juga merupakan bagian CSR Sinar Mas Land yang sebelumnya telah mengadakan kegiatan serupa di ITC Group serta di berbagai daerah bekerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah. Total vaksinasi yang dilakukan di sejumlah sentra vaksinasi Sinar Mas Land hingga saat ini mencapai 60.000 orang.

"Respons masyarakat sangat positif, bahkan pada hari keempat jumlah peserta telah melebihi target harian, yang sebelumnya diharapkan dapat mencapai 5,000 peserta untuk total lima hari pelaksanaan, sehingga penyelenggara menambahkan dosis vaksin lebih banyak lagi serta semakin dapat menjangkau jumlah masyarakat dari lapisan yang lebih luas," tambah Christine.

Catatan di akhir acara vaksinasi, tanggal 16 Agustus 2021, Sentra Vaksin Intermoda TOD berhasil melayani 5.747 orang peserta vaksinasi dan akan diikuti dosis kedua pada 28 hari mendatang. Sentra vaksinasi ini terselenggara atas kerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Puskesmas Cisauk, Rumah Sakit YPK Mandiri, Fast Med, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan ITC Group.

Mitbana dan Sinar Mas Land sepakat untuk membangun proyek Transit Oriented Development (TOD) di BSD City. IstFoto: Kolaborasi Mitbana dan Sinar Mas Land di BSD City (Dokumentasi Sinar Mas Land)

Perusahaan konsorsium milik Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong, yaitu Mitbana bekerja sama dengan Sinar Mas Land membangun proyek Transit Oriented Development (TOD) di kawasan Intermoda BSD City untuk menunjang mobilitas masyarakat dengan memberikan kemudahan akses transportasi publik yang terintegrasi, mulai dari terminal bus, commuter line serta fasilitas park and rideu ntuk memudahkan masyarakat yang setiap hari melakukan perjalanan dengan rute Tangerang ke Jakarta atau sebaliknya.

TOD Intermoda berlokasi strategis di jantung kota BSD City. Hanya berjarak 1 menit dari exit tol baru (Tol Serpong - Balaraja / Serbaraja) yang sedang dibangun saat ini. Selain itu, lokasi proyek juga ditunjang dengan banyaknya fasilitas kota sebagai sarana yang sudah beroperasi seperti Pasar Modern, Aeon Mall, Komplek Digital Hub, Universitas Atmajaya, dan Universitas Prasetiya Mulya serta Green Office Park. Dengan sarana dan prasarana yang terintegrasikan membuat proyek Intermoda TOD memiliki nilai yang lebih, baik sebagai hunian maupun investasi.

Maresuke Endo menjelaskan bahwa proyek ini menjadi proyek berkonsep TOD pertama yang terintegrasi di Jabodetabek. Guna menunjang penggunaan transportasi umum bagi masyarakat yang saat ini lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi. Ia juga menyebutkan bahwa proyek ini merepresentasikan konsep properti yang lebih ramah lingkungan serta berkelanjutan, di mana konsep tersebut telah diterapkan dari proyek-proyek di Jepang dan Singapura.

"Intermoda TOD ini akan menjadi pengembangan kawasan hunian dan komersial yang terintegrasi dengan moda transportasi umum yang lebih ramah lingkungan serta di BSD City. Kami bersama Sinar Mas Land mengembangkan pembangunan berbasis new smart mix-used pada fasilitas yang telah ada di BSD City" ujar Maresuke.

Bersama dengan Sinar Mas Land, Mitbana akan terus berkomitmen untuk mengembangkan pembangunan yang menunjang kehidupan serta mobilitas masyarakat dengan memberikan berbagai kemudahan akses yang terintegrasi dengan fasilitas umum. Pembangunan yang terintegrasi juga dianggap menjadi hal yang penting untuk membangun komunitas yang lebih baik mulai dari segi ketahanan sosial maupun ekonomi, terutama di tengah kondisi pandemi seperti saat ini.

"Mitbana dan Sinar Mas Land akan terus melanjutkan pembangunan untuk menghadirkan smart and sustainable transit oriented development di BSD City.

Dengan memanfaatkan para tenaga ahli yang dimiliki pada proyekyang sama di Singapura dan Jepang, Mitbana bersama Sinar Mas Land akan menggunakan digitalisasi dan inovasi dalam tata kota yang lebih baik untuk merespons kehidupan masyarakat yang dinamis," kata Maresuke.

Selain proyek Intermoda TOD ini, Mitbana dan Sinar Mas Land juga sedang mempersiapkan proyek Smart and Sustainable Transit Oriented Development Township lainnya di BSD CIty di area seluas 100 hektare yang akan terdiri dari perumahan tapak, apartemen, fasilitas penunjang dan bangunan komersial yang akan terintegrasi dengan moda transportasi seperti stasiun kereta api, terminal bus dan transportasi publik lainnya.

Sinarmas Land. (Dok: Mitbana)Foto: (Dok: Sinar Mas Land)

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Glodok Sampai ITC Roxy Sepi Total, Ternyata Ini Sebabnya!


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading