Bukan Menakuti! Jakarta Pernah Dihantam Tsunami

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
18 August 2021 17:05
Tsunami Selat Sunda (CNBC Indonesia/Rivi Satrianegara) Foto: Tsunami Selat Sunda (CNBC Indonesia/Rivi Satrianegara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wilayah Jakarta yang ada di pesisir utara ternyata punya potensi tersapu tsunami dari aktivitas vulkanik maupun tektonik di kawasan Selat Sunda termasuk di pesisir Selatan Jawa.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andreas. Ia mengatakan berdasarkan data Global Navigation Satellite System (GNSS) mengkonfirmasi adanya akumulasi energi di bagian megathrust Selat Sunda hingga pesisir selatan Pulau Jawa seperti Pelabuhan Ratu dan selatan Parangtritis hingga selatan Pantai Jawa Timur.

Ia bilang dari hasil pemodelan, gempa terjadi kekuatannya dapat mencapai magnitudo (M) 8,7 hingga 9,0, bisa jadi diikuti tsunami setinggi 20 meter. Bahkan ada potensi gelombang tsunami bisa sampai di pesisir Jakarta dengan ketinggian 1-1,5 meter.

Namun dibandingkan dengan tsunami yang terjadi di bagian selatan Jawa, ketinggian tersebut relatif lebih kecil. Fakta saat ini pesisir Jakarta wilayahnya sudah ada di bawah laut hingga minus 1-2 meter, ini artinya potensi tsunami akan lebih besar.

"Berdasarkan hasil simulasi model, run-up tsunami dapat mencapai sebagian besar Pluit, Ancol, Gunung Sahari, Kota Tua hingga Gajah Mada. Kalau kita perhatikan modelnya ternyata nyaris menyentuh Istana," ujar Heri dalam keterangan, dikutip Rabu (18/8).

Wilayah Jakarta dan sekitarnya, pada masa lalu diduga pernah kena dampak tsunami. Berdasarkan Bahan Materi Sejarah Tsunami Selat Sunda, Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi yang dimuat oleh kementerian Kelautan da Perikanan (KKP), menunjukkan beberapa data laporan bahwa tsunami pada masa lalu pernah 'menyentuh' kawasan Jakarta kini. Terutama akibat aktivitas gempa di kawasan Selat Sunda dan sekitarnya.

"Pada 24 Agustus 1757 Gempa bumi yang kuat dirasakan di Jakarta kurang lebih selama 5 menit. Pada 2:05, selama goncangan yang terkuat, angin dirasakan berasal dari timur laut. Air sungai Ciliwung meluap naik hingga 0,5 meter dan membanjiri Kota Jakarta" demikian laporan tersebut.

Sejarah Tsunami Selat Sunda. IstFoto: Sejarah Tsunami Selat Sunda. Ist
Sejarah Tsunami Selat Sunda. Ist

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hot News : Ramalan Tsunami Raksasa, Hingga Corona AS Naik


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading