Dukung Keberlanjutan, DBS Indonesia Luncurkan Green Savings

News - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
18 August 2021 14:52
Kakao

Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen cokelat Krakakoa berkomitmen menghasilkan produk cokelat berkualitas dari pohon cokelat asli Indonesia dengan konsep 'Farmer to Bar'. Sebelumnya, Krakakoa tidak mempunyai kebun kakao karena mereka memilih untuk bermitra dengan petani lokal dengan memberikan bantuan material, pelatihan tentang cara menghasilkan biji cokelat terbaik, dan pembayaran yang lebih dari harga minimum fair trade.

Kini Krakakoa telah berkembang pesat dan tersedia di berbagai supermarket di Indonesia, produk Krakakoa juga sudah diekspor ke berbagai negara, termasuk Singapura, Korea, Jepang, dan beberapa negara di Eropa, bahkan telah menerima penghargaan dari Academy of Chocolate (AOC) Awards yang bergengsi di Inggris.

"Sekitar enam tahun lalu, saya menanam pohon cokelat di halaman rumah tanpa tahu pasti apa yang sedang saya lakukan," tulis CEO dan Pendiri Krakakoa Sabrina Mustopo, produsen cokelat artisan Indonesia, melalui akun Instagram pribadinya di pertengahan 2020.


Namun, upayanya ini bukan tanpa rintangan. Terlebih tahun 2020 telah didapuk sebagai salah satu tahun tersulit bagi dunia usaha akibat pandemi Covid-19 yang mengguncang perekonomian dan psikologis individu. Dampak ini pun dirasakan oleh Krakakoa, namun dia tetap memiliki rasa tanggung jawab kepada para petani lokal yang dibina agar kesejahteraan mereka tidak terusik terlalu besar.

Untuk menjawab keresahan yang dirasakan oleh para wirausaha sosial seperti Sabrina, dan sejalan dengan komitmen Bank terhadap Keberlanjutan (Sustainability) Bank DBS Indonesia menginisiasi produk Green Savings. Produk ini bertujuan untuk menjadi jembatan bagi nasabah yang ingin berpartisipasi aktif untuk mendukung keberlangsungan sosial dan lingkungan lewat menabung.

Head of Segmentation, Liabilities, and Mortgage DBS Indonesia Festia Pisa Valensia mengatakan bahwa saat ini ada peningkatkan tren dan kepedulian masyarakat terhadap nilai-nilai yang mengusuk aspek keberlanjutan. Karena itulah, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan aspirasi nasabah yang ingin memberikan dampak positif terhadap sosial dan lingkungan.

Dia mengatakakan sebagai Bank yang digerakkan oleh tujuan yang berkesinambungan (purpose-driven), Bank DBS Indonesia berupaya memberdayakan masyarakat serta melestarikan lingkungan melalui praktik perbankan dan bisnis yang bertanggung jawab serta memberikan dampak sosial yang positif. Festia mengungkapkan rekening Green Savings adalah salah satu bentuk produk berbasis environmental, social, and good governance (ESG) yang hasilnya bisa langsung dirasakan, baik oleh nasabah yang peduli dan juga wirausaha sosial terdampak.

Melalui rekening Green Savings, sebagian dari bunga tabungan yang diterima Nasabah akan didonasikan ke Krakakoa secara otomatis setiap bulannya. Sehingga melalui rekening ini, Nasabah dapat menabung dan berdonasi pada saat yang bersamaan. Cara untuk bertransaksi melalui rekening Green Savings juga sangat mudah, yakni melalui kantor cabang, ATM, instruksi via telepon, maupun aplikasi digibank by DBS.

Dengan demikian, Krakakoa akan mendapatkan donasi bulanan untuk mereka menjalankan aktivitasnya. Nantinya, seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk mendukung modal usaha dalam bentuk bibit, juga untuk mengadakan pelatihan kepada 1.000 petani kakao.

Tentu saja kerja sama ini disambut baik oleh Sabrina, karena misi Krakakoa adalah ingin meningkatkan taraf hidup petani kakao di Indonesia dan mendorong pertanian kakao berkelanjutan yang menguntungkan dari segi lingkungan dan bisnis.

"Kemitraan strategis dengan Bank DBS Indonesia akan membuka akses lebih luas bagi masyarakat yang ingin berkontribusi mendukung keberlangsungan petani dan pertanian kakao di Indonesia," kata Festia, Rabu (18/8/2021).

Dia menambahkan pandemi tidak melunturkan semangat masyarakat untuk tetap bergerak bersama dan saling bantu dari tempatnya masing-masing. Hal ini mendasari Bank DBS Indonesia hadir sebagai jembatan, agar dapat melipatgandakan semangat banyak pihak yang peduli terhadap sesama yang membutuhkan.

Bank DBS Indonesia juga menginisiasi gerakan "Towards Zero Food Waste", dalam kampanye #MakanTanpaSisa guna mengedukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurangi dan mengelola sampah makanan. Melalui upaya tersebut, Bank DBS Indonesia berharap dapat menciptakan dunia yang lebih baik.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading