Update Terbaru Laman Setkab yang Diretas, Simak!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
09 August 2021 16:50
Presiden Jokowi memimpin Rapat Kabinet Terbatas tentang Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2020, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/7) siang.  (Twitter @Setkabgoid)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa waktu lalu, situs resmi Sekretariat Kabinet, www.setkab.go.id, mengalami peretasan. Laman tersebut sempat kembali bisa diakses, namun kini dalam site maintenance.

Deputi Dukungan Kerja Kabinet Sekretariat Kabinet Thanon Aria Dewangsa mengakui bahwa situs resmi Sekretariat Kabinet saat ini masih dalam proses pemulihan setelah aksi peretasan.

"Kami memutuskan untuk men-take down situs Setkab lebih dulu, melakukan upaya pemulihan, terutama pemulihan di bidang security dan pada saat nanti website kita sudah sangat kuat security-nya, baru nanti akan tayang lagi," kata Thanon, Senin (9/8/2021).


Setkab telah menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Polri, maupun Badan Inteljien Negara (BIN) untuk memperkuat kembali situs resmi Setkab.

"Kami mengupayakan sedemikian rupa, agar website kita segera pulih dan dapat dinikmati oleh media dan masyarakat," katanya.

Sebagai informasi, Bareskrim Polri sendiri telah berhasil menangkap dua pelaku peretasan situs Setkab. Kedua belaku berdomisili Nanggalo, Padang, Sumatera Barat.

"Kami dapat informasi memang pelaku sudah ditangkap, dan saat ini sedang dilakukan upaya proses hukum. Kami sendiri sampai hari ini belum mendapatkan update terbaru dari pihak kepolisian," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading