Kang Emil: Kasus Covid-19 Delta Sudah Turun & Lewati Puncak!

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
09 August 2021 16:40
Infografis/ Jabar Wajibkan Turis Bawa Bukti Rapid  Test Antigen/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim kasus Covid-19 varian delta di tanah air sudah menurun. Klaim itu disampaikan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, seperti dikutip dari akun Instagram resminya, Senin (9/8/2021).

"Kasus covid DELTA di Indonesia sudah turun dan melewati puncaknya. Sementara di negara lain, hari-hari ini serangan virus Delta sedang naik di mana-mana termasuk Amerika Serikat yang selama ini dianggap baik," katanya.



Kang Emil mengungkapkan pengorbanan semua pihak melalui penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sementara berhasil menurunkan kasus Covid-19. Berdasarkan data di laman Pikobar, kasus konfirmasi positif mencapai 636.982 (kasus aktif 89.300, sembuh 573.305, dan meninggal 10.377).

"BOR keterisian Rumah Sakit untuk Covid-19 di Jawa Barat sekarang 42% dari puncaknya bulan lalu 91%," ujar Kang Emil.

"Karena kasus mulai lebih terkendali, Minggu ini kemungkinan dimulai beberapa penyesuaian aturan yang lebih akomodatif pada kegiatan ekonomi dan kemasyarakatan," lanjutnya.

Seperti diketahui, hari ini merupakan hari terakhir penerapan PPKM Level 4-1 di berbagai daerah. Belum diketahui apakah PPKM ini akan diperpanjang atau dihentikan.

Lebih lanjut, Kang Emil mengingatkan semua pihak jangan lengah dan tetap waspada. Penerapan protokol kesehatan 5M jangan kendur.

"Lindungi diri dengan vaksin. Agar kita tidak diserang lagi secara masif di masa depan. Semangat!," ujar Kang Emil.


Kasus Covid Delta di Indonesia. (tangkapan Layar Instagram @ridwankamil)Foto: Kasus Covid-19 Delta di Indonesia. (tangkapan Layar Instagram @ridwankamil)


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kang Emil Klarifikasi Kabar 'Ledakan' Covid-19 di Jawa Barat


(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading