Kartu Prakerja Gelombang 18 Bakal Dibuka! Cek Syaratnya

News - Muh Iqbal, CNBC Indonesia
02 August 2021 07:24
Infografis/ Mantap! Alumni Prakerja Dapat Bantuan Lagi dari Pemerintah/ Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar gembira bagi para pencari kerja. Pemerintah segera membuka program Kartu Prakerja Gelombang 18.

Nantinya, program ini diberikan kepada 2,8 juta peserta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, program kartu kartu prakerja yang sudah berjalan sejak tahun lalu sudah terealisasi sebesar Rp 20 triliun untuk 5,6 juta peserta Kartu Prakerja.


Dengan demikian, total anggaran pemerintah untuk program Kartu Prakerja secara kumulatif menjadi Rp 30 triliun dengan total sebanyak 8,4 juta peserta.

Seperti diketahui, program Kartu Prakerja merupakan bantuan bagi mereka yang belum bekerja, kehilangan pekerjaan atau usahanya terdampak karena pandemi Covid-19. Dalam program ini setiap peserta yang lolos akan mendapatkan dana sebesar Rp 3,55 juta.

Dana sebesar Rp 1 juta akan diberikan untuk membeli paket pelatihan online. Paket pelatihan pertama harus dibeli paling lambat 30 hari setelah SMS atau notifikasi yang menyatakan seseorang lolos sebagai peserta Prakerja atau kepesertaan akan hangus.

Usai melakukan pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan pertama, peserta akan mendapatkan dana sebesar Rp 600 ribu per bulan. Dana ini disalurkan selama empat bulan. Selain itu peserta akan mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei.

Peserta yang mau mendaftar bisa langsung mendaftarkan diri melalui situs prakerja.go.id. Pendaftaran ini dibuka sepanjang waktu sehingga masyarakat yang tertarik bisa segera mendaftar tak perlu menunggu pendaftaran dibuka. Mereka yang sudah mendaftar akan dipilih secara acak oleh Manajemen Pelaksana Karu Prakerja.

Halaman Berikutnya >> Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading