Jokowi: RI Tak Bisa Lockdown, Semi Saja Sudah Menjerit

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 July 2021 10:37
Pernyataan Presiden Jokowi tentang Perkembangan Terkini PPKM Darurat, Istana Merdeka, 25 Juli 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan pemerintah melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ketimbang karantina wilayah (lockdown).

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam pemberian bantuan presiden produktif usaha mikro menegaskan bahwa Indonesia tidak bisa begitu saja menerapkan kebijakan lockdown seperti yang dilakukan sejumlah negara.

"Lockdown itu artinya tutup total. Kemarin yang namanya PPKM darurat itu namanya semi lockdown. Itu masih semi saja saya masuk kampung, masuk daerah, semuanya menjerit untuk dibuka," kata Jokowi, Jumat (30/7/2021).


Jokowi mengemukakan keputusan pemerintah menerapkan PPKM yang kini telah bertransformasi menjadi PPKM level 4 lantaran kemunculan varian delta yang penularannya semakin tak terkendali.

Sehingga sekali lagi kita ini selalu yang ktia jalankan adalah sisi kesehatannya, kita tangani. Tapi sisi ekonomi juga pelan-pelan harus dijalankan. Enggak bisa tutup seperti negara lain lockdown," katanya.

Jokowi pun mengaku tak bisa membayangkan apabila pemerintah mengambil keputusan untuk memberlakukan lockdown. Apalagi, kebijakan tersebut tidak memberikan garansi apapun.

"Kalau lockdown bisa kita bayangkan. Dan itu belum juga bisa menjamin dengan lockdown permasalahan menjadi selesai," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading