Cerita Jokowi: Varian Delta Bikin Ekonomi Terguncang!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 July 2021 09:55
Pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro Tahun 2021, Halaman Istana Merdeka, Jumat (30/7/2021). (Dok: Youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa situasi sekarang tidaklah mudah. Rasa sulit para para pengusaha kecil di dalam negeri, turut dirasakan juga oleh pengusaha di berbagai belahan dunia.

Saat memberikan pengarahan dalam pemberian bantuan presiden produktif usaha mikro, Jokowi sempat bercerita bagaimana pada awal tahun ini angka penularan Covid-19 bisa ditekan.

"Di Januari, Februari, Maret, April, Mei kondisi dari Covidnya turun, ekonomi naik. Kalau corona turun, ekonomi naik. Udah kelihatan sebenarnya," kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (30/7/2021).


Namun, di luar dugaan muncul varian Covid-19 bernama Delta. Varian jenis baru yang pertama kali muncul di India itu secara tiba-tiba menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dan membuat perekonomian dihantui ketidakpastian.

"Tanpa terprediksi muncul yang namanya varian delta. Varian jenis baru dari corona muncul di India, kemudian muncul di seluruh negara dunia sehingga ekonomi global pun goncang," jelasnya.

Indonesia, kata Jokowi, pun ikut merasakan dampak dari keganasan varian delta. Perkembangan kasus Covid-19 di tanah air pun perlahan naik, yang pada akhirnya mendorong pemerintah untuk memberlakukan semi lockdown.

"Begitu virus delta muncul, langsung kasus positif menjadi naik secara drastis dan tidak ada jalan lain saat itu karena di pulau Jawa dan Bali kita lihat semua titik-titik merah tidak ada yang kuning," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading