Catat! Aturan Khusus Tes Kompetensi Bagi CPNS Positif Covid

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
28 July 2021 15:50
Tes CPNS di Tengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021 akan dilakukan secara fisik di lokasi yang ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Seleksi ini akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan, pihaknya tidak ingin proses rekrutmen calon abdi negara ini menjadi klaster virus baru. Oleh karenanya ditetapkan pengaturan yang lebih ketat selama pandemi Covid-19.

Protokol kesehatan yang ketat ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.


Dalam aturan ini juga dicatat bahwa peserta yang lulus seleksi administrasi masih bisa mengikuti tes SKD sesuai dengan pengaturan syarat yang telah ditetapkan. Diantaranya:

Pertama, peserta seleksi yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi diwajibkan melaporkan kepada Instansi yang dilamar, kemudian Instansi tersebut bersurat kepada Kepala BKN disertai bukti surat rekomendasi dokter dan/atau hasil swab PCR dan keterangan menjalani isolasi dari pejabat yang berwenang.

Kedua, peserta seleksi yang terkonfirmasi positif dan tidak sedang menjalani isolasi atau sudah menjalani isolasi, maka Panitia Seleksi Instansi melaporkan kepada Tim Pelaksana CAT BKN dan dibuatkan Berita Acara Peserta Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan dapat mengikuti seleksi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Ketiga, surat Panitia Seleksi Instansi sebagaimana dimaksud memuat permohonan agar peserta seleksi CPNS yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 untuk dapat dijadwalkan di akhir seleksi di lokasi tempat peserta tersebut mengikuti seleksi atau lokasi BKN terdekat.

Empat, dengan surat Panitia Seleksi Instansi ini maka BKN akan mengatur kembali jadwal peserta seleksi CPNS yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi.

Sementara itu, peserta seleksi yang tidak terpapar Covid-19 namun memiliki suhu tubuh diatas 37,3 C maka akan dilakukan pemeriksaan ulang sebanyak dua kali dengan selang waktu lima menit.

Jika setelah pemeriksaan ulang kedua suhu tubuh tetap di atas 37,3 C maka tetap bisa mengikuti seleksi yang ditangani oleh petugas khusus di ruang terpisah. Namun bagi peserta yang ditetapkan oleh tim kesehatan tidak dapat mengikuti seleksi maka dijadwalkan tes ulang oleh BKN.

"Apabila peserta seleksi tidak mengikuti seleksi pada sesi cadangan, maka peserta seleksi tersebut dianggap gugur," tulis BKN melalui SE tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-Siap, Ini Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS 2021


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading