Bos BNPB Ungkap Kunci Sukses Tracing Kontak Erat Pasien Covid

News - Khairun Alfi Syahri MJ, CNBC Indonesia
26 July 2021 16:50
Kepala BNPB selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Letjen TNI Ganip Warsito Saat Sosialisasi Pengaturan Perjalanan Selama Pemberlakuan PPKM Darurat. (Tangkapan Layar Youtube @BNPB Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito mengungkapkan kunci kesuksesan salah satu dari program 3T (testing, tracing, treatment), yaitu tracing.

Menurut dia, semua itu berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dapat mempercepat penanganan Covid-19 dalam program PPKM Level 4.

"Kemudian apabila kita merasa tidak nyaman atau tidak enak badan makanya kita bisa melakukan testing yang bisa dilakukan di puskesmas atau pun pos-pos PPKM yang ada di daerah-daerah kita. Nanti di sanalah fungsi tracing berjalan," ujar Ganip dalam acara 'Optimalisasi Program 3T Dalam PPKM Level IV' yang ditayangkan di akun Youtube BNPB Indonesia pada, Senin (26/07/2021).




Selain itu, Ganip juga mengatakan apabila terjadi pada seseorang indikasi atau terpapar virus corona penyebab Covid-19, pemerintah telah menyediakan isolasi terpusat yang dikelola pemerintah daerah maupun secara nasional oleh Satgas Covid-19 nasional hingga penanganan selesai.

Untuk masyarakat kontak erat pasien Covid-19 yang tidak terpapar, Ganip mengatakan mereka akan melaksanakan isolasi mandiri yang akan terus dipantau selama lima hari setelah pemeriksaan pertama dilakukan.

Ganip juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menolak untuk melakukan isolasi terpusat baik itu di kabupaten atau provinsi. Ini karena tempat isolasi terpusat telah tersedia dari sisi tenaga medis hingga obat-obatan yang diperlukan saat isolasi serta treatment-treatment yang menujang untuk pemulihan imun dari Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading