7 Negara yang tidak ada Penambahan Kasus Covid-19 Hari ini

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
23 July 2021 18:40
FILE PHOTO: Children play amid icebergs on the beach in Nuuk, Greenland, June 5, 2016. REUTERS/Alister Doyle/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak sedikit negara yang mencatat rekor jumlah kasus Covid-19. Mulai dari Amerika Serikat (AS), India, Brasil, Italia hingga Indonesia menjadi mayoritas penyumbang kasus infeksi di dunia.

Meski begitu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, beberapa negara yang berhasil mencegah pandemi Covid-19 sejak dimulai pada awal 2020, melaporkan nol kasus pada 21 Juli 2021.

Sebanyak 12 dari 14 negara dan wilayah yang tidak melaporkan kasus sejak awal pandemi merupakan pulau-pulau di Samudra Pasifik dan Atlantik. Kebijakan perjalanan yang ketat dianggap bertanggung jawab atas keberhasilan pulau-pulau itu.

Sejauh ini WHO mengklasifikasikan sembilan negara dan wilayah tambahan sebagai melaporkan nol kasus Covid-19. Meskipun negara-negara ini melaporkan nol kasus, tidak menutup kemungkinan ada beberapa kasus yang mungkin tidak terdeteksi.

Laporan The Associated Press mengatakan data akurat sulit diperoleh dari negara-negara dengan sumber daya perawatan kesehatan yang langka, seperti Korea Utara dan Turkmenistan.

Berikut deretan negara dan wilayah yang menurut WHO saat ini melaporkan nol kasus Covid-19, sebagaimana dilansir dari USNews.

Greenland
Jumlah Kumulatif Kasus Covid-19: 84 (dengan tidak ada kasus baru sejauh ini)

Pulau terbesar di dunia, Greenland, ditetapkan sebagai wilayah otonom milik Kerajaan Denmark. Pulau ini terletak di antara Samudra Arktik dan Atlantik dan berada di sebelah timur kepulauan Kanada. Pemerintah mengumumkan bahwa mulai 5 Juni 2021, aturan baru diberlakukan. Hanya orang yang divaksinasi penuh dapat berkunjung ke sana melalui Denmark.




Kepulauan Solomon
Kumulatif Total Kasus Covid-19: 20 (tidak ada kasus baru)

Kepulauan Solomon adalah sebuah negara di Oseania yang terdiri dari enam pulau besar dan ratusan pulau kecil, sebelah timur Papua Nugini dan barat laut Vanuatu. Terlepas dari klasifikasi WHO, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyarankan agar tidak mengunjungi negara itu, karena tingkat ancaman Covid-19 yang tidak diketahui di sana.

Sint Eustatius
Kumulatif Total Kasus Covid-19: 20 (tidak ada kasus baru)

Pulau Sint Eustatius di Karibia adalah daerah khusus yang menjadi bagian Kerajaan Belanda. Meskipun CDC mencatat tingkat Covid-19 rendah di pulau itu, CDC juga menekankan pengunjung harus divaksinasi sepenuhnya dan mengikuti persyaratan setempat.

Saba
Jumlah Kumulatif Kasus Covid-19: 7 (tidak ada kasus baru)

Saba merupakan daerah khusus di Kepulauan Karibia yang menjadi bagian Kerajaan Belanda. CDC menyatakan tingkat Covid-19 di sana rendah. Namun pengunjung harus menunjukkan bukti telah divaksinasi sepenuhnya. Karena sumber daya perawatan kesehatan Saba sangat terbatas, dan pemerintah telah memberlakukan persyaratan ketat untuk mengunjungi pulau itu.

Pulau Marshall
Jumlah Kumulatif Kasus Covid-19: 4 (tidak ada kasus baru)

Kepulauan Marshall terletak di Samudra Pasifik. Meskipun merdeka pada tahun 1979, AS masih memberikan dukungan pertahanan terhadap pulau-pulau tersebut. Meskipun WHO mengakui hanya empat kasus Covid-19 yang dikonfirmasi pada 14 Juni 2021, Departemen Luar Negeri AS menyarankan pelancong untuk mempertimbangkan kembali rencana untuk mengunjungi negara itu untuk sementara waktu.

Vanuatu
Jumlah Kumulatif Kasus Covid-19: 4 (tidak ada kasus baru)

Negara kepulauan kepulauan Vanuatu terletak di Samudra Pasifik Selatan. Meskipun WHO mencantumkan empat kasus Covid-19, dengan 1 meninggal yang dikonfirmasi, CDC menyarankan agar tidak bepergian ke Vanuatu karena gambaran penyebaran virus yang tidak jelas.

Samoa
Kumulatif Total Kasus Covid-19: 3 (tidak ada kasus baru)

Samoa terdiri dari beberapa pulau di Pasifik Selatan. Seperti halnya dengan negara-negara kecil lainnya, CDC menyarankan agar tidak bepergian ke Samoa karena keberadaan virus yang sebenarnya tidak diketahui di sana. Pada 8 Juni 2021, pemerintah Samoa menyetujui amandemen baru keadaan darurat terkait Covid-19, termasuk transportasi ke dan sekitar pulau.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading