Internasional

Pak Prabowo, Rusia Siap Pasok 11 Jet Tempur Sukhoi ke RI

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
22 July 2021 12:10
A Russian Sukhoi Su-35 air force jet seen during MAKS-2009 (the International Aviation and Space Show) in Zhukovsky, Russia, Tuesday, Aug. 18, 2009. (AP Photo/Misha Japaridze) Foto: Sukhoi Su-35 (AP Photo/Misha Japaridze)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Rusia kembali menyatakan komitmennya untuk memasok jet tempur multifungsi Sukhoi Su-35 ke Indonesia. Komitmen ini disampaikan langsung oleh juru bicara Layanan Federal untuk Kerjasama Teknis-Militer, Valeria Reshetnikova.

Sebelumnya kedua negara sudah berkomitmen sejak 2018. Namun hingga kini belum ada realisasi.


Berbicara kepada media resmi TASS dalam pertunjukan udara internasional MASK 2021, Reshetnikova mengatakan Rusia mengetahui ada tekanan dari Asia-Pasifik ke RI terkait kelanjutan kontrak tersebut. Namun Moskow menegaskan akan memenuhi kontyrak mengingat RI merupakan mitra utama di kawasan Asia-Pasifik.

"Sejak awal, proyek penyediaan 11 pesawat tempur Su-35 ke Jakarta telah menarik perhatian masyarakat dunia," ujarnya  dikutip Kamis (22/7/2021).

"Tidak mengherankan bahwa setelah menandatanganinya [kesepakatan], pihak Indonesia menghadapi tekanan ekstensif dari perwakilan negara tertentu ... Jakarta 'sangat disarankan' untuk meninggalkan proyek tersebut."

Sebelumnya, Januari 2020 lalu, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sempat berkunjung Rusia. Ini disusul kunjungan kedua Prabowo ke Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexander Fomin pada Juli 2020.

Dalam pertemuan tersebut, isu pembelian 11 unit Sukhoi Su-35 ini disebut terganjal sanksi Amerika Serikat (AS) yang dijatuhkan kepada Rusia. Ini dikhawatirkan membuat RI terimbas sanksi.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading