Daftar Harga Barang yang Jadi Murah Saat Pandemi di AS

News - Syarifah Rahma, CNBC Indonesia
21 July 2021 10:40
Rangkaian bendera Amerika Serikat dipasang di Washington D.C., menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joe Biden dan Kamala Harris. (AP/Alex Brandon)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kondisi pandemi ini tak dapat dipungkiri membuat sejumlah barang dan jasa menjadi lebih mahal, terutama obat-obatan, alat kesehatan, dan pelayanan kesehatan.

Tapi berbeda dengan di Indonesia, ternyata sejumlah barang dan jasa di Amerika Serikat malah justru menjadi lebih murah selama pandemi. Bahkan, pelayanan kesehatan di Amerika Serikat pun justru menjadi lebih murah lho.

Lantas, barang-barang apa sajakah yang menjadi lebih murah? Mengutip kantor berita CNN, berikut daftarnya:


1. Pakaian

Di tengah perubahan gaya hidup di masa pandemi, kurang lebih gaya berpakaian kita pun ikut berubah. Ketimbang berpakaian rapih seperti jas, blazer dan dress untuk pergi ke kantor, orang-orang pun cenderung bekerja dari rumah, mengenakan sweatpants dan t-shirts.

Berdasarkan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, baik pakaian pria maupun wanita kini dibanderol dengan harga lebih murah dibandingkan saat sebelum pandemi. Rata-rata harga pakaian pria turun hingga 7,2%, sementara pakaian wanita turun hingga 5,9% sejak Febuari 2020.

Harga dress wanita bahkan turun hingga 12,1% selama masa pandemi. Harga pakaian resmi pria seperti jas, dan pakaian olahraga turun paling dalam, hingga 21,5%.


2. Transit

Hal lain yang berubah sejak #dirumahaja, tidak ada perjalanan! Hal ini membuat harga transportasi massal di Amerika Serikat turun hingga 2,9%, ketimbang di bulan Februari 2020. Meskipun saat ini, di tengah masyarakat AS yang mulai divaksinasi dan kembali bekerja di kantor, harga tiket kereta dan bus bisa kembali normal.


3. Event Olahraga

Harga tiket pertandingan olahraga turun hingga 1,8% jika dibandingkan masa sebelum pandemi. Yap, di tengah kasus yang menurun di Negeri Paman Sam, jadi jangan iri ya sama masyarakat AS yang bisa merayakan re-opening ekonomi, dengan menonton pertandingan tim favorit mereka secara langsung.

4. Hewan Peliharaan

Selama masa pandemi, permintaan akan hewan peliharaan meningkat berkat orang-orang yang merasa bosan 'terjebak' di rumah saja. Meski demikian, harga pet-supply rupanya masih lebih murah ketimbang masa sebelum pandemi. Harga hewan peliharaan dan produk-produknya turun hingga 1,8%. Sementara, harga aksesoris untuk hewan peliharaan kesayangan turun hingga 3,8%, di masa pandemi.


5. Layanan Kesehatan

Nah, ini mungkin kebalikan sama kita-kita yang pada 'boncos' di budget untuk kesehatan gara-gara bolak balik tes PCR atau swab antigen. Di Negeri Paman Sam, harga layanan kesehatan justru menjadi lebih murah, ketimbang masa sebelum pandemi. Hal ini disebabkan oleh masyarakat yang enggan berobat ke dokter atau rumah sakit, di masa pandemi.

Sejak Februari 2020, biaya terkait perawatan kesehatan termasuk obat-obatan dan lainnya, turun hingga 2,3%. Dan kategori yang lebih spesifik seperti obat-obatan dengan resep dokter, harganya turun hingga 2,9% dalam satu setengah tahun terakhir. Sementara peralatan dan perlengkapan medis pun mengalami penurunan terbesar hingga 5,8% dari masa sebelum pandemi.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading