Mulai Muncul, Ini Sederet Mobil Baru Calon 'Pembunuh' Avanza

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
20 July 2021 09:40
Honda Tampilkan LSUV 7 Seater. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Para penantang Toyota Avanza di segmen low MPV terus berdatangan. Toyota Avanza selalu mendominasi jajaran mobil terlaris selama 15 tahun terakhir.

Namun, kiprahnya mulai goyah setelah mobil hatchback Honda Brio mengambil alih posisi terlaris untuk pertama kalinya tahun lalu. Di tahun ini, Avanza perlu lebih berhati-hati jika tidak ingin posisi magisnya tergeser oleh kehadiran mobil lain.

Pasalnya, beberapa agen tunggal pemegang merk (ATPM) mulai bersiap dalam mengeluarkan mobil anyar. Pasar Avanza pun semakin terancam digeser.


Honda Siap Luncurkan Mobil 7 Penumpang

Honda sudah punya amunisi ampuh untuk meredam dominasi Avanza lewat Brio. Namun, sepertinya pabrikan asal Jepang itu belum puas dan telah resmi memperkenalkan mobil terbarunya, yakni Honda N7X Concept beberapa waktu lalu. Mobil ini dirancang mobil sebagai 7 seater dan akan menjadi pesaing baru bagi Avanza.

Honda secara resmi memperkenalkan N7X Concept pada awal Mei 2021. Konsep mobil ini meluncur secara global pertama kali di Indonesia.

Honda N7X Concept mulai diperkenalkan di Main Atrium, Trans Studio Mall Bandung pada 10 - 13 Juni 2021 lalu.

Dari lekukan mobil ini terlihat seperti paduan sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV) dan digadang-gadang sebagai penerus Mobilio yang mulai meredup pamornya.

"Banyak yang bertanya penerus BR-V ya? atau penerus Mobilio ya? Sebagai mobil konsep saat ini, saat ini ya nggak mengacu model tertentu," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy.

PT. Honda Prospect Motor (HPM) semula berencana bakal merilis N7X Concept pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung 12-22 Agustus mendatang. Mobil konsep ini besar kemungkinan bakal menjadi mobil yang dipasarkan ke masyarakat umum dan menjadi salah satu saingan terberat Toyota Avanza di kelas 7 seater.

Namun, Gaikindo selaku penyelenggara sudah resmi bakal mengundurkan event ini seiring lonjakan kasus Covid-19. Di jadwal teranyar, Gaikindo menempatkan jadwal penyelenggaraan GIIAS 2021 menjadi 9-19 September 2021. Alhasil, rencana HPM untuk mengenalkan N7X Concept di ajang GIIAS juga bakal tertunda.

"Kami menilai bahwa keputusan diundurnya GIIAS dari Agustus ke September itu diambil dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung dan pelaku pameran, sesuai dengan perkembangan situasi terkini," kata Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM Yusak Billy kepada CNBC Indonesia.

Punya Pabrik di RI, Hyundai Serius Masuk ke MPV

Hyundai membocorkan rencana peluncuran produk baru MPV sebagai konsekuensi dari investasi baru mereka di Indonesia. Pabrikan asal Korea Selatan itu sudah merealisasikan investasi sebesar US$ 1,5 miliar di Indonesia.

Salah satu rencana adalah produksi mobil anyar dengan fokus di pengembangan mobil listrik. Namun, besarnya pasar mobil berbahan bakar bensin atau konvensional di Indonesia saat ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Hyundai juga bakal masuk ke dalam pasar ini, salah satunya mengambil pasar mobil MPV (multi purpose vehicle) milik Toyota Avanza.

"Iya MPV-nya mungkin tahun depan kali," kata Vice President of Hyundai Motor Asia-Pacific Hong Kong, Lee Kang Hyun kepada CNBC Indonesia.

Lee menjawab itu saat ditanya potensi mobil MPV Stargazer bakal rilis dalam waktu dekat. Hyundai Stargazer digadang-gadang bakal mengaspal di pasar Indonesia dalam beberapa waktu ke depan sebagai pesaing Avanza. Namun, Lee tidak menyanggah atau menyetujui potensi calon saingan Avanza itu bakal hadir di Indonesia.

Ihwal kedatangan Stargazer telah terdaftar di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual yang dikelola Kementerian Hukum & HAM Indonesia. Stargazer terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dengan nomor id permohonan DID2020072199 dan tanggal permohonan 20 November 2020.

Pada laman DJKI disebutkan Stargazer masuk ke dalam kategori bus bermotor, mobil, mobil listrik, mobil sport, truk, van [kendaraan]. Pemilik nama Stargazer tertulis Hyundai Motor Company yang beralamat di Korea Selatan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading