Tol-Tol Baru di Jakarta Siap Bermunculan Mulai Tahun Ini

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
16 July 2021 17:25
Foto udara aerial proyek jalan tol dalam kota Kelapa Gading-Pulo Gebang, Senin (16/11/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada enam ruas tol layang yang direncanakan akan ditambah untuk beberapa tahun mendatang di DKI Jakarta. Tol-tol ini juga sudah masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) sehingga pembangunannya juga terus dikejar oleh pemerintah.

Lantas dimana saja ruas tol itu?

Mengutip Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018 tentang PSN, enam ruas tol itu antara lain :
- Jalan Tol Semanan - Sunter 20,2 km
- Sunter - Pulogebang 9,4 km
- Jalan Tol Duri Pulo - Kampung Melayu 12,7 km
- Kemayoran - Kampung Melayu 9,6 km
- Ulujami - Tanah Abang 8,7 km
- Pasar Minggu Casablanca 9,2 km


Paling dekat tol yang beroperasi adalah seksi pertama dari pembangunan tahap 1 jalan tol dari Semanan - Pulogebang yang dikerjkan oleh BUJT PT Jalan Tollroad Development (JDT) dan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi bersama PT Adhi Karya (KSO, dengan nilai investasi RP 2 triliun. 

Tahap pertama jalan tol Semanan - Pulogebang ini terdiri dari tiga seksi, yaitu Seksi A Kelapa Gading, - Pulogebang, Seksi B Semanan - Grogol, dan Seksi C Grogol - Kelapa Gading.

Seksi A dari Kelapa Gading-Pulogebang akan beroperasi pada September tahun ini. yang dikonfirmasi oleh Direktur Utama PT Jakarta Tollroad Development Frans S. Sunito.

"Pembangunan sudah selesai, saat ini sedang proses uji laik fungsi oleh Kementerian PUPR, rencana beroperasi pada awal September 2021," jelasnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (16/7).

Sementara Seksi B dan C masih dalam tahap pembebasan lahan. "Ya, menunggu pembebasan lahan," jelasnya.

Nantinya setelah Tahap 1 rampung seluruhnya, akan dilanjutkan tahap II yang meliputi ruas Duri Pulo-Kampung Melayu dan Kampung Melayu-Kemayoran, serta tahap III terdiri dari ruas Ulujami-Tanah Abang dan Tanjung Barat-Kasablanka.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading