Tak Ada yang Sangka 2021 Begini, Dari Luhut Juga Sri Mulyani

News - Maikel Jefriando, CNBC Indonesia
16 July 2021 08:05
Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Menkeu Sri Mulyani/Foto: Ari Saputra, Detik


Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak ada yang menyangka sekalipun membayangkan covid-19 akan segitu ganasnya di muka bumi. Tidak juga bagi Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan maupun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Luhut mengakui kondisi sekarang terjadi di luar bayangannya. Benar kasus covid meningkat namun tidak secepat ini.

Hal ini disampaikan Luhut saat konferensi pers virtual, Kamis (15/7/2021). Luhut menyebut varian delta adalah biang keroknya.


"Kasus meroket sudah kita duga terjadi, cuma terus terang gak kita duga secepat ini. Delta ini banyak yang gak paham betul," terang Luhut.


Indonesia memiliki kasus aktif sebanyak 480 ribu di atas India, dengan tambahan 56 ribu orang positif dalam sehari. Total yang terjangkit mencapai 2,7 juta orang dan 70 ribu orang meninggal dunia.

Sebab, memang bukan cuma di Indonesia terjadi peningkatan. Beberapa negara juga alami kondisi yang sama, baik di Eropa maupun Amerika Serikat (AS). Sehingga pemerintah mana pun kewalahan menghadapi varian delta.

"Gak hanya kita, banyak negara lain yang kena karena ilmu dunia kedokteran belum sampai ke sana," jelasnya.

Begitu juga dengan kesiapan rumah sakit (RS) dan fasilitas kesehatan. Pemerintah sudah mengupayakan beberapa tempat sebagai RS darurat di luar yang sudah ada. Tenaga kesehatan juga ditambah dengan merekrut lebih cepat lulusan kedokteran.

Terkait dengan oksigen, selain dari dalam negeri, Luhut juga meminta bantuan kepada negara lain. Seperti Singapura, Uni Emirate Arab hingga China.

"Mengenai kapasitas oksigen seperti ini, tidak pernah kita bayangkan bahwa kita akan menghadapi seperti ini dan tidak ada di dunia pun yang pernah menduga," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya >> Sri Mulyani Tak Menyangka

Sri Mulyani Tak Menyangka
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading