Perhatian! Lowongan CPNS Sudah Buka, Cek Syarat Khususnya

News - Rahajeng Kusumo, CNBC Indonesia
11 July 2021 10:25
Cover Topik/ CPNS 2021_Konten

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah kementerian membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan kerjanya. Namun, sejumlah kementerian, lembaga, dan institusi negara ada yang memberikan syarat khusus.

Beberapa kementerian yang mewajibkan syarat khusus di antaranya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (KemenkoMarves). Yakni calon CPNS tak boleh bertato.


"Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga dan bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan kecuali karena ketentuan agama/adat yang dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah setempat setelah peserta dinyatakan lulus," tulis syarat pendaftaran kedua kementerian ini, dikutip CNBC Indonesia, Minggu (11/7/2021).

Khusus untuk CPNS di Kemenko Marves, kementerian yang dipimpin Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, syarat lainnya yang harus disertakan saat melamar adalah harus surat pernyataan bahwa bersedia mengabdi dan tidak akan mengajukan pindah dengan alasan pribadi minimal 10 tahun sejak diangkat sebagai PNS.

Kementerian di bawah Luhut ini membutuhkan PNS sebanyak 77 formasi. Dari total formasi ini sebanyak 66 formasi jalur umum, Papua dan Papua Barat 1 formasi, disabilitas dua formasi dan yang meraih nilai cum laude 8 formasi.

Peserta terpilih akan ditempatkan di beberapa unit kerja yakni Sekretariat Kemenko Marves, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim hingga Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan pertambangan serta inspektorat.

Sementara itu, Kemenhub membuka lowongan untuk 2.445 formasi. Seluruhnya akan ditempatkan di unit kerja Setjen, Itjen, Direktorat Laut, Darat, dan Udara. Ini juga untuk unit perkeretapiaan, badan litbang, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP)dan BPTJ(Badan Pengatur Jalan Tol).

Dalam tahapan CPNS tahun ini, Kemenhub memberikan kesempatan bagi WNI Indonesia usia 18-35 tahun untuk bisa bergabung dengan kualifikasi pendidikan dari SMA hingga S2. Untuk informasi lengkapnya bisa di cek melalui laman https://cpns.dephub.go.id/.

Halaman 2>>

Syarat PNS BIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading