Thailand Ngotot Buka Kawasan Wisata Phuket di Tengah Covid-19

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
30 June 2021 20:20
This June 15, 2019 photo shows Ban Krut beach in the Prachuap Khiri Khan province of Thailand. You won’t find the party scene of Phuket or Pattaya in laid-back Ban Krut, but you will get one of the cleanest and quietest stretches of white sand within driving distance of the capital. (AP Photo/Nicole Evatt)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Thailand menyatakan tetap membuka pulau resor Phuket kepada wisatawan internasional pada Kamis (1/6/2021) esok. Langkah ini tetap diambil meski Negeri Gajah Putih masih mencetak rekor kematian akibat Covid-19.

Mengutip AFP, pada Rabu (30/6/2021), Thailand mencatatkan rekor kematian harian tertinggi akibat Covid-19 dengan 53 kematian.

Meski Thailand mengalami rekor kematian harian baru akibat Covid, pejabat negara itu mengatakan pembukaan Phuket akan berjalan sesuai rencana. Dalam pembukaan pertama itu akan ada kedatangan ratusan turis dari luar negeri yang tiba dengan beberapa penerbangan.

"Sekitar 250 penumpang dijadwalkan mendarat di pulau itu dengan empat penerbangan," ujar juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Thailand Taweesin Visanuyothin.

Dalam pembukaan ini, otoritas menerapkan sistem yang dikenal sebagai sistem Sandbox. Sistem ini memungkinkan pelancong yang divaksinasi yang tiba dari beberapa negara yang ditetapkan Thailand sebagai zona hijau untuk berkunjung tanpa masa karantina.

"Untuk tahap awal, hanya wisatawan yang sudah divaksinasi lengkap yang boleh masuk, kecuali anak-anak di bawah enam tahun, mereka diizinkan masuk tanpa harus divaksin," kata gubernur Otoritas Pariwisata Thailand TAT Yuthasak Supasorn.

Namun tetap ada batasan bagi turis-turis yang ingin berkelana keluar Phuket dan mengunjungi tempat lainnya di Thailand. Pengunjung harus melakukan karantina di pulau itu selama 14 hari sebelum memutuskan untuk keluar dari Phuket. Selama karantina, pengunjung juga diwajibkan melakukan tes swab.

Sementara itu Phuket sendiri sedang berjuang untuk memvaksinasi 70% warganya. Beberapa pejabat mengatakan bahwa hingga saat ini tahapan vaksinasi di pulau wisata Thailand itu telah mencapai 50%.

Secara total sejak pandemi menyerang, Thailand telah mencatat 255 ribu kasus infeksi Covid-19 yang menyebabkan 1.970 kematian.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading