Anies: Jakarta Cetak Rekor Pemakaman Covid-19

News - dob, CNBC Indonesia
24 June 2021 09:27
Penjelasan Gubernur DKI Anies Baswedan Terkait PSBB di DKI Jakarta. (Tangkapan Layar Youtube PEMPROV DKI JAKARTA)

Jakarta, CNBC Indonesia- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa ibukota mencatatkan rekor pemakaman dengan prosedur Covid-19 pada Rabu (23/6/2021). Pada hari tersebut ada 180 jenasah dikuburkan.

"Datangi pemakaman dan lihatlah kenyataan. Kematian itu tak sekadar angka statistik. Tapi tentang saudara kita, orang-orang yang tadinya masih sehat, masih berkumpul dengan keluarga tercinta. Kini mereka dipisah selamanya. Ingatlah, bahwa setiap angka itu adalah satu kisah duka tak terkira," ujar Anies melalui instagram.

Anies mengunjungi lahan baru pemakaman DKI Jakarta di Rorotan, Jakarta Utara. Anies mengaku sempat memgobrol dengan beberapa orang yang sedang berduka karena ditinggal oleh keluarganya.


"Istri saya, Pak. Minggu lalu masih sehat. Cuma sakit perut terus drop, Pak. Kena covid," kata Anies menceritakan percakapannya.

[Gambas:Instagram]



Menurut Anies, lahan pemakaman baru di Rorotan memiliki luas 3 hektare. Pemakaman ini diperuntukan untuk jenazah yang meninggal dunia akibat Covid-19.

"Meskipun luas, tolong jangan sampai dipenuhi. Ya, jangan sampai penuh, jangan diisi jenazah seperti hari ini lagi. Cukup, cukup sudah. Kita tak ingin melihat lebih banyak lagi wajah duka," ujar Anies.

"Batas usia ada di tangan Allah SWT, tugas manusia adalah ikhtiar. Sama-sama kita hindari kegiatan berpotensi penularan. Kita datangi tempat vaksinasi sebagai ikhtiar keselamatan. Hindari risiko, songsong ikhtiar keselamatan," tutup Anies.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading