Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus Sama China itu!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
15 June 2021 11:52
INFOGRAFIS, Indonesia Beli Kapal Perang

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada publik untuk tidak meluapkan amarah kepada China. Permintaan Luhut disampaikan dalam konferensi pers "Upaya Peningkatan Penggunaan PDN Bidang Alat Kesehatan" yang disiarkan secara virtual, Selasa (15/6/2021).

"Kita juga jangan marah-marah terus sama China itu. Ternyata 2/3 obat-obat dunia itu diproduksi di China. Apa yang namanya MIT, Harvard, pesannya juga ke China," ujarnya.



"Jadi kita sendiri kadang-kadang merasa bahwa China ini kelas dua, tidak. China itu sudah masuk pada high end sekarang," lanjutnya.

Luhut menuturkan hubungan bilateral antara Indonesia dan China sangat baik. Hal itu, lanjut dia, dapat dimanfaatkan untuk transfer teknologi hingga bahan baku.

"Sehingga bahan baku dasar obat itu pun kita dapat sehingga kalau ada lockdown di beberapa negara seperti yang terjadi waktu India lockdown kita tidak ada masalah dengan apa namanya paracetamol yang kita belum ada produksi sekarang, alhamdulillah kita sudah mulai produksi, walaupun masih ada hambatan menurut pak Budi (Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin) di sana-sini," kata Luhut.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading