Pertamina Gelar RUPS Nanti Sore, Ini Agendanya

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
14 June 2021 11:28
Dok: Pertamina

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada sore ini, Senin (14/06/2021).

Pjs SVP Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, ini merupakan RUPS Tahunan dan agendanya yaitu pengesahan laporan keuangan dan tahunan Pertamina.

"Sore nanti. RUPS tahunan dan agenda pengesahan laporan keuangan dan tahunan," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Senin (14/06/2021).


Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan pada RUPS kali ini tidak ada pergantian pengurus, hanya agenda pengesahan laporan keuangan tahunan.

"Gak ada [ganti pengurus], agenda tahunan saja. Seneng gosip deh," kata Erick kepada wartawan saat ditanya di kantor Kementerian BUMN, Senin (14/06/2021).

Situs resmi Pertamina mencatat, ada tiga RUPS yang biasa digelar induk usaha PT PGN Tbk (PGAS), PT Elnusa Tbk (ELSA), dan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) ini.

Pertama, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk menyetujui Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan diadakan paling lambat 30 hari setelah tahun anggaran berjalan.

Kedua, RUPST untuk menyetujui Laporan Tahunan diadakan paling lambat dalam Juni setiap tahun, setelah penutupan tahun buku yang bersangkutan.

Ketiga, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yaitu RUPS yang diadakan sewaktu-waktu berdasarkan kebutuhan perusahaan.

Sabtu pekan lalu (12/6/2021), Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengatakan perseroan akan menggelar RUPS pada Senin ini kendati tidak menyebutkan spesifik agendanya.

Usai RUPS, Ahok mengatakan rencananya Komite Audit akan menuju Cilacap untuk mencari fakta atas kebakaran Kilang Cilacap yang terjadi pada Jumat malam lalu (11/06/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading