Sedihnya Sri Mulyani Kehilangan 71 PNS Kemenkeu Karena Covid

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
10 June 2021 16:45
Menteri Keuangan Sri Mulyani Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI terkait Pembahasan Pagu Indikatif Kementerian Keuangan dalam RAPBN 2022, Kamis, 10 Juni 2021. (Tangkapan Layar Youtube Komisi XI DPR RI Channel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tengah bersedih. Sebab, jajaran Kementerian Keuangan yang meninggal karena Covid-19 terus bertambah.

Hingga siang ini, PNS Kemenkeu yang meninggal karena virus asal China ini menjadi 71 orang.

"Jumlah yang meninggal di Kemenkeu kemarin 69 orang dan hari ini bertambah lagi menjadi 71 orang jajaran Kemenkeu yang meninggal," ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (10/6/2021).


Ia mengatakan, saat jajaran Kemenkeu menjadi korban dalam kecelakaan pesawat dirinya sudah sangat patah hati, apalagi dengan kondisi saat ini.

"Kalau dulu kita kecelakaan pesawat terbang dan beberapa teman Kemenkeu menjadi korban, kita sudah sangat broken hearted ya, ini sekarang 71 dari jajaran kami yang menjadi korban dari Covid," jelasnya.

Bendahara negara ini menyebutkan bahwa Covid-19 ini memang sangat riskan bagi jajaran Kemenkeu. Apalagi beberapa unit Kemenkeu memang diharuskan berada di lapangan dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan menjaga keuangan negara.

"Jadi ini really a risk untuk teman-teman Kemenkeu," jelasnya.

Menurutnya, Covid-19 ini pun mengubah seluruh perencanaan anggaran dan kegiatan Kemenkeu, di samping itu tetap harus dinamis dan bergerak cepat. Perubahan anggaran terutama terlihat dari belanja birokrasi yang selama ini tinggi menjadi lebih kecil.

"Belanja kita menjadi sangat turun untuk hal-hal seperti percetakan, konsumsi, perjalan dinas. Belanja kita selama Covid untuk PCR, testing, segala macam justru meningkat yang sebelumnya tidak ada," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading