Tahun Depan Bisa Naik, Ini Daftar Gaji PNS di 2021

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
11 June 2021 07:50
Gaji pns yang menggiurkan para peserta cpns 2018

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah berencana merombak dan menyusun ulang komponen gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penghasilan PNS ke depan, yang sebelumnya terdiri dari banyak komponen, disederhanakan menjadi hanya terdiri dari komponen gaji dan tunjangan.

Adapun proses perumusan kebijakan ini merujuk pada amanat pasal 79 dan 80 Undang-Undang Aparatur Sipil Negara.




Rinciannya, tunjangan PNS seperti tunjangan suami istri, tunjangan anak, tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan makan, tunjangan beras, tunjangan kemahalan akan disederhanakan.

Adapun formula gaji PNS nantinya akan ditentukan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab dan pekerjaan. Sementara untuk tunjangan akan didasarkan pada capaian kinerja masing-masing.

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan nantinya tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan ini akan dimasukkan ke dalam perhitungan gaji.


"Gaji ke depan berbasis jabatan bukan berbasis pangkat seperti sekarang," ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Dengan demikian, ada kemungkinan gaji pokok akan lebih tinggi dari saat ini. Sebab, jika berbasis pangkat gaji akan tetap sama dimana pun ia ditempatkan.

"Tapi kalau berbasis jabatan, kalau dia pindah, gajinya bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung grade jabatan setelah dilakukan evaluasi jabatan," kata dia.

Halaman Selanjutnya >> Laju berapakah besaran gaji PNS saat ini?

Ini Besaran Gaji PNS Saat Ini
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading