Brio, Jazz, CR-V Cs Kena Recall, Ini Bahayanya Bila Dibiarkan

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
04 June 2021 14:05
honda jazz

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengumumkan program pemanggilan untuk perbaikan (recall) komponen fuel pump di Indonesia yang berlangsung mulai hari ini, 4 Juni 2021. Pengguna mobil tersebut harus segera untuk membawa unit kendaraannya ke bengkel atau diler terdekat. Pasalnya, ada risiko keselamatan bila konsumen mengabaikannya.

"Kami menghimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke dealer resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen." kata Service & Parts Asst. General Manager PT HPM Denny MT dalam keterangan resmi, Jumat (4/6/21).

Program recall komponen fuel pump ini sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi dikarenakan fuel pump tidak bekerja sebagaimana mestinya.


"Mengingat pentingnya standar keselamatan bagi Honda terhadap konsumennya, kami terus berupaya untuk memastikan seluruh unit mobil yang ada pada konsumen berada dalam kondisi serta standar tertingginya. Seluruh penggantian komponen dilakukan tanpa memungut biaya apapun," kata Denny.

Adapun mobil Honda yang teridentifikasi dalam program ini meliputi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun model 2019. Jumlah unit yang teridentifikasi dalam update program recall kali ini adalah sebanyak 94.443 unit.

Meski jumlahnya besar, konsumen bisa menghindari proses antre yang terlalu lama dengan membuat janji (booking) melalui aplikasi Honda e-Care yang dapat di unduh pada App Store/Play Store, atau bisa juga langsung menghubungi dealer resmi Honda terdekat.

Namun, Apabila kendaraan konsumen telah berpindah tangan, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-1446-632 dari Senin - Jumat, pukul 08.30 s/d 17.30 WIB.

Selain itu, Honda juga mengimbau bagi konsumen yang sebelumnya kena program recall sebelumnya pada Inflator Airbag, juga diimbau memeriksa kendaraan ke bengkel.

Pemeriksaan Inflator Airbag ini sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya keadaan dimana airbag mungkin mengembang secara berlebih (over deployment) akibat tekanan gas yang berlebihan dalam komponen Inflator Airbag, sehingga berpotensi mengakibatkan cedera serius dan atau kematian pengemudi dan atau penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan.

Pada Agustus 2019, Honda sempat mengumumkan program recall penggantian Airbag Inflator pada 7.330 unit mobil. 

ACCORD 2003 211 unit
CITY 2004 - 2008 1.652 unit
CIVIC 2001 - 2005 668 unit
CR-V 2002 - 2006 2,926 unit
JAZZ 2004 - 2008 1.362 unit
STREAM 2002 - 2006 511 unit


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siapa yang Jadi Biang Kerok Gelombang Recall Mobil di RI?


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading