'Pembunuh' Banyak, Tapi Avanza Model Baru Cuma Soal Waktu!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
04 June 2021 06:10
Desain All New Avanza. (Dok: IG @bagasatriakbar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Spekulasi model baru Toyota All New Avanza sudah mulai tampak di media sosial. Pihak Toyota juga tak membantah soal rencana model baru dari Avanza, persoalannya hanya waktunya saja. Apalagi saat ini Avanza sudah banyak pesaing, butuh penyegaran total.

"Untuk planning new model baik Avanza ataupun model lainnya, rasanya nggak mungkin saya informasikan sebelum waktunya ya dan saat ini kami masih fokus fulfil market (mengisi pasar) dengan model yang saat ini sudah ada di pasar," kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto kepada CNBC Indonesia.

Toyota yang dikenal sebagai perusahaan dengan basis riset kuat untuk merilis produk baru. Avanza termasuk yang menjadi monitor dari Toyota di Indonesia.


All New Avanza (Ist Instagram/ @Bagasatriakbar)Foto: All New Avanza (Ist Instagram/ @Bagasatriakbar)
All New Avanza (Ist Instagram/ @Bagasatriakbar)

Berdasarkan data yang ada, Avanza masih tetap menjadi salah satu mobil terlaris dari Toyota. Pada Maret lalu atau sejak awal mula relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berlangsung, mobil ini menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan sebesar 7.251 unit. Hal ini menjadi alasan Toyota sepertinya belum bakal mengeluarkan All New Avanza dalam waktu dekat.

"Apalagi permintaannya masih cukup tinggi ya di awal tahun ini hingga masuk bulan Mei ini dimana Avanza masih terus menjadi salah satu produk favorit masyarakat Indonesia dengan retail sales sebesar 17.769 unit dari Januari hingga April sebagai kontributor terbesar yang menyumbang 22,2% dari total penjualan (Toyota)," kata Henry.

Mobil ini diproyeksikan masih menjadi tulang punggung Toyota dalam penjualan. Meski tahun 2020 lalu tergeser oleh Honda Brio sebagai mobil terlaris, namun Avanza pernah mencatat sejarah sebagai mobil terlaris selama 13 tahun.

Demi mengembalikan kejayaan, perilisan mobil anyar bisa menjadi solusi. Namun, jika jadi dirilis tahun ini, maka bakal menjadi rentang waktu perilisan Avanza tercepat. Jika melihat tren Toyota merilis mobil sejuta umat ini, maka dapat disimpulkan rentangnya berjarak 8 tahun.

Mobil Avanza rilis pertama di Indonesia tahun 2003 silam. Setelah 8 tahun berselang atau di 2011, generasi keduanya hadir. Kemudian generasi ketiganya rilis tahun 2019 lalu. Jika jadi dirilis akhir tahun ini atau tahun depan, maka rentangnya hanya berjalan 2-3 tahun.

Halaman Selanjutnya >> Sudah Makin Banyak 'Pembunuh' Avanza

Sudah Makin Banyak 'Pembunuh' Avanza
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading