Sebentar Lagi, Bayar Tol Tanpa Buka Kaca dengan Smartphone!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
28 May 2021 19:00
Gerbang Tol Sawangan 4 (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penerapan pemasangan sistem gerbang tol sistem transaksi nir sentuh atau Multi lane Free Flow (MLFF) akan diuji coba pada pertengahan tahun. Dengan penerapan sistem mobil yang melewati jalan tol tidak lagi perlu buka kaca/pintu mobil.

Bagaimana sistem MLFF ini bekerja?

Seperti yang diketahui, penerapan sistem pembayaran tol ini dimenangkan oleh perusahaan asal Hungaria, Roatex Ltd, Zrt. Diklaim menerapkan teknologi transaksi nir sentuh terkini di Jalan tol yang tersambung dengan satelit.


Pengguna tol nanti tidak perlu lagi berhenti apalagi mengantri saat melakukan pembayaran. Proses pembayaran terjadi saat mobil melewati pintu tol, dimana saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi ponsel atau saldo e-money yang berada perangkat On Board Unit (OBU) akan langsung dipotong.

Teknologi yang diterapkan pada MLFF itu disebut Global Navigation Satellite System (GNSS). Yaitu sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, menjelaskan, penggunaan uang elektronik telah mengurangi waktu transaksi menjadi empat detik, dibandingkan transaksi manual yang mencapai 10 detik. Sehingga penggunaan MLFF memiliki manfaat yang sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrean menjadi 0 detik.

"Manfaat lainnya adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan," jelasnya dalam keterangan resmi sebelumnya.

Danang menjelaskan nantinya ada dua pilihan yang bisa digunakan oleh pengguna. Pertama dengan aplikasi e-On Board Unit (OBU) yang merupakan aplikasi smartphone, juga OBU perangkat yang akan dipasang di mobil.

Dalam penggunaan e-OBU (aplikasi smartphone) pengguna harus melakukan registrasi sebelum menggunakan. Setelah terdaftar pengguna akan tersambung dengan sistem pusat operator, sehingga pembayaran nanti langsung lewat aplikasi itu. Dalam implementasinya sistem itu akan terkoneksi dengan sistem pembayaran teknologi atau financial technology (fintech).

"BI mensyaratkan open platform, semua e-wallet dan e-money yang registered," Jelas Danang kepada CNBC Indonesia melalui pesan singkat, Jumat (28/5/2021).

Menurut Danang penerapannya pihak penyelenggara Roatex Ltd, Zrt sedang menyusun sistem penerapan MLFF ini. Konstruksi instalasi seperti sensor gate dan reader mulai dilakukan dalam waktu dekat ini. Sehingga uji coba akan dilakukan pada kuartal 2 atau kuartal 3 tahun ini di 50% seluruh gardu tol Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading