Prakerja Gelombang ke-17 Mau Buka, Begini Syarat & Daftarnya

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
23 May 2021 19:00
INFOGRAFIS, Pendaftaran Kartu Prakerja 2020 Disetop

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendaftaran kartu Prakerja gelombang ke-17 akan segera dibuka. Ini kesempatan bagi mereka yang sebelumnya belum ikutan bisa segera mendaftar pada gelombang ke-17.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, pendaftaran gelombang ke-17 akan dibuka setelah menghitung jumlah pendaftar di gelombang sebelumnya yang tidak mengambil pelatihan sampai batas waktu yang ditentukan.

Ia memastikan pendaftaran akan dibuka kuartal II tahun ini yakni antara Mei dan Juni. Sebab, anggaran sebesar Rp 10 triliun dari Rp 20 triliun yang disediakan Pemerintah harus direalisasikan.


"Tunggu saja pengumumannya, tapi karena memang mandatnya Rp 10 triliun pertama harus selesai di semester I, jadi pasti (pembukaan batch 17) kita lakukan di semester I," ujar Denni dalam webinar dalam pemaparan hasil survei persepsi penerima Kartu Prakerja yang dikutip, Minggu (23/5/2021).

Menurutnya, untuk tahap ini pihaknya akan memberikan kuota sekitar 44.000 orang. Jumlah ini berasal dari peserta Prakerja gelombang 12-16 yang dicabut kepesertaan.

Jika ada tambahan kuota maka pihaknya akan menunggu arahan dari Pemerintah. Sebab, penambahan kuota artinya ada penambahan anggaran untuk pelaksanaannya.

"Kami hanya menunggu keputusan dari pemerintah. Kalau pemerintah mengatakan perlu ditambah lagi anggaran untuk membantu masyarakat lebih banyak, kami siap," jelasnya.

Adapun pendaftaran akan dibuka melalui situs prakerja.go.id. Bagi yang sudah sempat membuat akun dan sudah terverifikasi namun belum terpilih tinggal login prakerja.go.id dan pilih 'gabung'.

Bagi warga yang mengikuti program Kartu Prakerja maka setiap peserta mendapat total dana Rp 3,55 juta. Rinciannya, sebesar Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, lalu insentif totalnya Rp 2,4 juta atau Rp 600.000 per bulan diberikan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Syarat dan Cara Daftar

Persyaratan dan cara Pendaftarannya

Adapun syarat pendaftaran untuk bisa menjadi peserta Kartu Prakerja yakni:

-WNI berusia 18 tahun ke atas.
-Pencarikerja atau pengangguran (lulusan baru dan program PHK), pekerja (buruh/karyawan).
-Wirausaha yang tidak sedang mengikuti pendidikan formal (Bukan penerima bansos Kemensos).
-Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya.
-Adapun untuk bisa mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja, maka terlebih dahulu harus mendaftarkan akun di www.prakerja.co.id.

Simak langkahnya berikut ini:

-Masuk ke situs www.prakerja.go.id lalu klik 'Buat Akun'.
-Masukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru, jangan lupa centang pernyataan di bawahnya.
-Kemudian klik 'Buat Akun'.
-Cek e-mail dari yang sudah didaftarkan untuk mengikuti Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail.
-Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja, lalu klik 'Login' untuk masuk ke dashboard akun.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading