Jangan Ngiri Ya! Warga Negara-Negara Ini Sudah Bebas Masker

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
23 May 2021 14:45
Ken, left, and Ana Seastrom wear no masks as they sit on the beach Tuesday, April 27, 2021, in San Diego. Ken is fully vaccinated and Ana has already had one shot of vaccine. U.S. health officials say fully vaccinated Americans don't need to wear masks outdoors anymore unless they are in a big crowd of strangers. And unvaccinated people can drop face coverings in some cases, too. (AP Photo/Gregory Bull)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah negara sudah membolehkan warganya tak lagi menggunakan masker. Hal tersebut karena negara itu sudah berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dan mencatatkan penurunan kasus.

Misalnya, di Amerika Serikat, warga diperbolehkan tidak memakai masker saat beraktivitas dengan syarat sudah disuntik vaksin Covid-19 tahap kedua. Selain itu, ada juga beberapa negara lainnya yang membolehkan warganya tidak memakai masker.

Berikut ini lima negara yang tidak lagi wajib menggunakan masker, seperti dirangkum CNBC Indonesia:


1. Amerika Serikat

Pemerintahan Amerika Serikat (AS) mengizinkan warganya untuk beraktivitas tanpa menggunakan masker. Namun, dengan syarat harus sudah melakukan vaksinasi Covid-19 secara penuh atau dua kali.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden AS Joe Biden melalui unggahan di laman Instagram resmi White House.

"Vaxxed or masker," ujar Biden dalam video boomerang tersebut.

White House juga menambahkan keterangan dalam video tersebut mengenai persyaratan bagi warga AS yang ingin bisa melakukan kegiatan tanpa menggunakan masker.

"Pilihan ada di tangan Anda. Divaksinasi atau kenakan masker sampai Anda melakukannya," tulis white house.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) melalui panduan kesehatan masyarakat terbarunya yang baru saja dirilis mengatakan, ketentuan ini berlaku baik di dalam maupun luar ruangan.

Dalam panduan tersebut juga dijelaskan beberapa contoh di mana orang masih perlu memakai masker seperti di tempat perawatan kesehatan atau di bisnis yang memerlukannya. Ketentuan ini juga berlaku bagi orang yang sudah mendapatkan dosis vaksin terakhirnya dua minggu atau lebih, diperkenankan tidak menggunakan masker.

2. Hungaria

Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orban mengklaim pemerintahannya telah berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Dalam sebuah jumpa pers pada Jumat (21/5/2021), Orban menyebut Hungaria telah memvaksinasi hampir 5 juta warga.

Ia menambahkan bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk berpisah dengan penggunaan masker di tempat umum.

"Selamat tinggal, masker," katanya.

"Ini berarti kita telah berhasil mengalahkan pandemi gelombang ketiga," lanjut Orban.

Pemimpin sayap kanan itu juga menyebut akan mencabut sebagian besar pembatasan Covid-19, termasuk jam malam. Orban mengatakan, publik dapat mengadakan pertemuan hingga 500 orang.

Syaratnya, pertemuan diadakan di udara terbuka. Sementara acara di ruang tertutup berlaku untuk warga yang telah memiliki kartu vaksinasi.

Dari China Sampai Australia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading