Internasional

Sadiq Khan, Muslim Pertama Jabat Wali Kota London 2 Periode

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
10 May 2021 11:05
Labour's Sadiq Khan speaks after he was reelected and declared as the next Mayor of London at City Hall, in London, Saturday, May 8, 2021. (Victoria Jones/PA via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sadiq Khan terpilih kembali sebagai Wali Kota London, Inggris, Sabtu (8/5/2021). Ini merupakan kemenangan Labour Party, setelah serangkaian kekalahan di sejumlah pemilihan lain.

Khan menjadi muslim pertama yang memimpin ibu kota Barat sejak kemenangan pertamanya di 2016. Ia mengalahkan penantang utamanya, Shaun Bailey, kandidat dari Partai Konservatif Perdana Menteri Boris Johnson.


Mengutip Reuters, Khan menang dengan suara 55,2% dan Bailey 44,8%. Meski margin kemenangan kecil dibanding lima tahun lalu, hasil ini sudah diprediksi secara luas sebelumnya.

"Saya sangat tersanjung dengan kepercayaan yang diberikan warga London kepada saya untuk terus memimpin kota terbesar di dunia," kata Khan dikutip Senin (10/5/2021).

"Saya berjanji akan berusaha keras untuk membantu membangun masa depan yang lebih baik dan lebih cerah untuk London setelah hari-hari gelap pandemi."

Khan awalnya adalah mantan anggota parlemen. Ia menggantikan Boris Johnson saat pria tersebut terpilih sebagai perdana menteri.

Di periode pertama, Khan menghadapi kritik atas meningkatnya kejahatan kekerasan di ibu kota, terutama penikaman yang melibatkan remaja. Untuk periode kedua ini, ia memfokuskan kampanyenya pada penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi pariwisata London.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading