Tak Mau RI Seperti India, Jokowi Ajak Tidak Mudik Lewat Komik

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
08 May 2021 10:46
Jokowi dalam acara musyawarah perencanaan pembangunan nasional 2021. (Tangkapan layar Bappenas RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah dua kali masyarakat Indonesia mengadakan hari raya Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Dengan angka infeksi yang belum dapat ditekan sepenuhnya, pemerintah kembali memutuskan bahwa kali ini masyarakat tidak bisa menjalankan tradisi mudik.

Namun tetap saja, rasa rindu kampung halaman yang kuat dan ditambah dengan perasaan bahwa tahun lalu tidak dapat berlebaran di kampung halaman mendorong sebagian masyarakat untuk mudik tahun ini. Berbagai cara dilakukan, mulai dari mencari jalan tikus hingga menumpang di bak truk sayur.

Menanggapi fenomena ini, Presiden Jokowi membuat sebuah postingan di Instagram berupa komik. Komik tersebut menjelaskan alasan mengapa masyarakat perlu mengurungkan niatnya untuk mudik. Dalam komik itu, dikatakan bahwa kerumunan yang ditimbulkan pada saat berkumpul di kampung halaman dapat membuat infeksi Covid-19 meledak seperti di India.


"Pandemi masih mengancam. Mari menahan diri demi keselamatan bersama." tulis caption akun Instagram @jokowi.

Sementara itu pemerintah sendiri mengeluarkan larangan mudik mulai 6-17 Mei 2021 dan pengetatan mudik Lebaran diberlakukan pada 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021.

[Gambas:Instagram]




[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading