Dilarang Mudik! Ribuan Mobil Putar Balik di Titik Penyekatan

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
07 May 2021 07:45
Penyekatan mudik di Tol Cikarang, Jawa Barat. (AP/Achmad Ibrahim)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah resmi memberlakukan larangan mudik 6 hingga 7 Mei 2021. Di hari pertama penerapan aturan ini kemarin, ribuan mobil dikabarkan telah diputar balik oleh pihak kepolisian, Polda Metro Jaya.

"Dari pukul 00.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB siang tadi total sudah 1.070 kendaraan diputar balik. Ini masih berlanjut terus," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (6/5/2021) dikutip detikcom.


Kendaraan itu terdiri dari 895 kendaraan pribadi dan 175 kendaraan umum. Kendaraan itu dicegat di Jalan Tol Cikarang Barat dan Tol Cikupa.

"Dengan rincian untuk Gate Cikupa ada 626 kendaraan. Kendaraan pribadi ada 519 dan kendaraan umum 77. Untuk Tol Cikabar ada 444 kendaraan. Kendaraan pribadi 346 dan kendaraan umum 98. Ini masih berjalan karena 24 jam ya terus bergerak," sebut Yusri.

Meski demikian, ia mengaku sejumlah modus dipakai pemudik. Dengan truk berisi manusia atau dengan mobil derek.

"Tapi saya katakan petugas belajar dari pengalaman tahun sebelumnya. Kita mengevaluasi mana jalur tikus yang bocor kita tutupi. Mana tempat modus operandi yang digunakan kita sudah ketahui," sambungnya.

Sementara di Jawa Barat (Jabar), Wakapolda Jabar Brigjen Eddy Sumitro mengatakan, sebanyak 5.000 kendaraan diputar balik sejak pukul 00.00 WIB-12.00 WIB di hari pertama aturan larangan mudik.

"Situasi berjalan lancar sebetulnya sekitar 17.000 yang diperiksa ada lima ribuan yang diputar balik oleh jajaran sampai saat ini ya mungkin nanti bisa nambah," kata Eddy, Kamis (6/5/2021).

Di Bogor misalnya ada enam titik penyekatan di kota Bogor. Ada sekitar 172 mobil yang diminta balik arah.

Di antaranya sebanyak 22 mobil 22 mobil diputar balik di pos sekat Gerbang Tol (GT) Branangsiang Bogor lalu 21 motor dan 56 mobil diputar balik di pos sekat GT Tol Bogor Outo Ring Road (BORR). Sebanyak tujuh motor dan 12 mobil diputar balik di pos sekat Jalan Veteran lalu sebanyak tujuh motor dan 47 mobil diputar balik di pos sekat Wangun.

Di pintu tol Bekasi Barat, setidaknya sejak pukul 8.00 WIB kemarin, 25 kendaraan diputarbalik ke Jakarta. Sebagian besar mobil pribadi.

Secara keseluruhan, terdapat tujuh titik penyekatan jalur mudik di Kota Bekasi. Selain di Gerbang Tol Bekasi barat, keenam titik penyekatan lainnya berada di Patung Garuda Harapan Indah, Sumber Arta, Jalan Siliwangi, Bulak Kapal, Jalan Inpeksi Kalimalang, dan Gerbang Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi Timur.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Potensi 'Ledakan' Mudik, Kursi Pesawat Terancam Kurang?


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading