Prabowo Masih Muter, Alutsista Singapura Cs Makin Modern!

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
06 May 2021 15:11
Kapal Selam HDW Class 214 (Tangkapan Layar via thyssenkrupp-marinesystems.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto harus mengunjungi banyak negara dalam misi memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Indonesia. Di sisi lain, negara-negara tetangga juga tak kalah sigap, sudah lebih dulu memodernisasi alutsistanya.

Negara yang dikunjungi Prabowo antara lain Austria, Prancis, Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Austria, Turki, Rusia, hingga Jerman. Namun, hingga kini belum ada kepastian mengenai alutsista mana yang bakal menjadi pilihan Indonesia.

"Proses pembelian memang membutuhkan waktu agak lama dari soal anggaran, spesifikasi teknis, kontrak dengan kemudian pembuatan, apalagi untuk sampai kontrak pun bisa makan waktu 1 atau 2 tahun," kata pengamat militer Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi), Beni Sukadis kepada CNBC Indonesia.


Di kawasan, dengan memanasnya situasi di Laut China Selatan, negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam sudah memodernisasi alutsista. Bahkan Singapura sudah lebih cepat memoderdinasinya.

Singapura saat ini memiliki 4 kapal selam operasi, tapi saat ini dalam proses modernisasi. Straitstimes mengungkapkan bahwa Singapura akan mengganti empat kapal selam Challenger dan Archer Class, dengan empat kapal selam Invincible Class tipe 218SG buatan Jerman yang akan mulai pengiriman pada 2022.

Pada tahun lalu Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengaku pengiriman kapal selam sempat tertunda karena pandemi, yang harusnya bisa dikirim pada tahun ini.

Selain itu Singapura juga sedang menanti 12 jet tempur siluman yang bisa terbang dan mendarat vertikal F-35 dari AS. Sebanyak 4 unit pertama akan tiba pada 2026 sesuai dengan target. 

Berikut negara-negara jiran yang memoderdinasi alutsistanya selain Singapura:

Malaysia Sampai Vietnam Borong Senjata
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading