Musrenbangnas 2021

Jokowi Bicara Efek Pandemi Corona ke Perencanaan Pembangunan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 May 2021 10:33
Jokowi dalam acara musyawarah perencanaan pembangunan nasional 2021. (Tangkapan layar Bappenas RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Dalam sambutannya, Jokowi bilang kalau pandemi Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa dalam perencanaan pembangunan nasional.

"Sebaik apapun perencanaan yang kita buat, kita juga harus siap untuk melakukan perubahan secara cepat, untuk menyesuaikan dengan tantangan, dengan peluang," ujarnya.



"Yang tidak berubah adalah tujuan utamanya, yaitu untuk mensejahterakan rakyat, untuk memajukan bangsa, tetapi caranya sering kali harus berubah. Karena tantangan dan peluangnya setiap saat bisa berubah-ubah," lanjutnya.

Jokowi mengatakan, sinergi kekuatan bangsa dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Mulai dari masalah kesehatan, perekonomian, disiplin protokol kesehatan, 3T, dan vaksinasi.

"Butuh keaktifan seluruh jajaran pemerintahan dari pusat sampai ke daerah. Demikian pula produktivitas dari kalangan industri yang kecil sampe besar untuk memproduksi alat kesehatan dan obat juga dukungan dari negara lain. Ini juga sangat diperlukan," katanya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Kesal Belanja Daerah Mampet, Ini Biang Keroknya!


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading