Ngeri! Mutasi Covid-19 asal India Sudah Masuk ke Indonesia

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
03 May 2021 13:19
Kondisi Rumah Sakit di India (Tangkapan Layar Youtube CNBC Television)

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa mutasi virus corona asal India telah masuk ke Indonesia. Ada 2 kasus yang ditemukan dan keduanya berada di Jakarta.

"Sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India, ada dua insiden dan keduanya di Jakarta. Satu insiden dari mutasi yang masuk dari Afrika Selatan yang ada di Bali. Jadi mutasi dari Inggris yang sudah ada 13, sudah ada 2 mutasi dari India masuk, dan satu dari Afsel," ujar Budi Gunadi dalam konferensi pers, Selasa (3/5/2021).

Varian baru virus Corona India disebut sebagai 'double mutant'. Seperti namanya, virus yang merebak di India ini memiliki dua jenis mutasi. Menurut pemerintah India, virus dengan mutasi ganda ini memiliki tingkat infeksi yang lebih tinggi dan bisa lolos dari sistem imun manusia.


Kebetulan ditemukannya mutasi pada virus tersebut juga dibarengi dengan kenaikan signifikan kasus infeksi Covid-19 di India. Hanya dalam satu bulan rata-rata kasus harian di India melonjak sampai 7x. Sebulan lalu rata-rata kasus infeksi harian Covid-19 di India tercatat mencapai 44 ribu kasus. Namun sekarang angkanya sudah mendekati 300 ribu kasus per hari.

Dalam kesempatan yang sama, Budi menyatakan pasca libur Paskah bulan lalu, tidak terjadi lonjakan kasus. Hal ini disyukuri karena dalam beberapa momentum libur panjang biasanya terjadi lonjakan kasus.

"Alhamdulillah sesudah Paskah yang cukup panjang, lonjakan yang tadinya kita khawatirkan tidak terjadi. Hanya ada kenaikan di beberapa provinsi yang bisa kita kendalikan," ujar Budi.

"Tugas saya mengingatkan kita harus waspada jangan sampai lengah, jangan terburu-buru mengendorkan protokol kesehatan," tambah Budi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading