Wah, Ongkos Vaksinasi Gotong Royong Capai Rp1 Juta/Karyawan

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
21 April 2021 13:40
Vaksinasi seniman dan budayawan. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memastikan akan melaksanakanĀ vaksinasi gotong royong mulai pada, minggu ketiga Mei 2021.

Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi memastikan bahwa sudah ada 17.600 perusahaan dari seluruh Indonesia yang mendaftar. Perusahaan tersebut juga harus bersiap dalam mengeluarkan kocek untuk masing-masing karyawannya.

"Kemarin usulan teman-teman Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta per karyawan," kata Diana kepada CNBC Indonesia, Rabu (21/4/2021).

Selain mengeluarkan biaya vaksin untuk tiap karyawan, banyak juga perusahaan yang mendaftarkan untuk keluarga dari karyawan tersebut. Langkah itu demi mempercepat pemulihan ekonomi dengan mengupayakan orang-orang terdekat dari karyawan tetap terlindungi.



Diana mengungkapkan peminat vaksinasi gotong royong makin banyak setiap harinya. Tidak sedikit perusahaan yang menyampaikan minatnya dalam beberapa waktu ke belakang atau agak terlambat.

"Jumlah yang diterima dari proses pendaftaran 8 juta jiwa yang terdaftar. Tapi sampai saat ini masih ada perusahaan ingin ikut juga, ada yang terlambat daftarnya, saya yakini kemungkinan lebih dari 8 juta hingga 12 jutaan," ujarnya.

Jumlah tersebut ternyata didominasi oleh perusahaan yang ada di Jakarta. Selain kesadaran perusahaan untuk mengikuti vaksinasi, ada juga indikasi bahwa dinamisnya pergerakan pekerja menjadi alasan lain untuk mengikuti vaksinasi gotog royong.

"Lebih banyak dari Jakarta, 70% dari 17.600 perusahaan yang terdaftar untuk mengikuti vaksin gotong royong dari Jakarta," kata Diana.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading