Ekonomi Kuartal II-2021 Bergantung ke THR PNS dan Swasta

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
19 April 2021 16:45
[DALAM] THR Keagamaan

Jakarta, CNBC Indonesia - Bahana Sekuritas memandang, penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) baik untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan swasta diperkirakan akan mendorong konsumsi rumah tangga pada Kuartal II-2021.

"Untuk mendukung konsumsi rumah tangga pada Kuartal II-2021, pemerintah akan mencairkan bonus hari raya Idul Fitri/THR untuk PNS secara penuh," tulis riset Bahana, dikutip CNBC Indonesia, Senin (19/4/2021).

Sebelumnya, Sesmenko Bidang Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso menjelaskan pemberian THR bisa mendorong pertumbuhan ekonomi melalui konsumsi rumah tangga.


Diproyeksikan THR 2021 akan memberikan tambahan konsumsi sekitar Rp 215 triliun pada Kuartal II-2021.

Susiwijono juga menjelaskan pencairan THR PNS akan dilakukan lebih cepat yakni 10 hari sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Untuk yang ASN pun pak Menko (Airlangga Hartarto) kemarin sudah menyampaikan ke bu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) untuk bisa dibayarkan H-10 (THR)," ujarnya dalam program Power Lunch CNBC Indonesia TV beberapa hari lalu.

Dengan memberikan THR lebih cepat dibandingkan pekerja swasta yang tujuh hari sebelum Lebaran, pemerintah berharap terjadi daya beli yang lebih baik. Dimana, saat ini daya beli masih lemah akibat pandemi Covid-19.

Kementerian Keuangan juga mengatakan telah menyiapkan anggaran THR PNS tahun ini di dalam APBN 2021. Saat ini Pemerintah tengah menyiapkan aturan pencairan THR PNS ini.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading