Dear Seleb Tiktok yang Becandain Rupiah, Ada Pesan Dari BI!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
14 April 2021 17:57
A logo of a smartphone app TikTok is seen on a user post on a smartphone screen Monday, Sept. 28, 2020, in Tokyo. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) menyoroti banyaknya creator yang menjadikan uang rupiah sebagai konten video di akun media sosial TikTok. Menurut BI, hal tersebut menurunkan wibawa rupiah.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengajak masyarakat untuk bangga terhadap rupiah, sekaligus menjaga wibawa rupiah yang merupakan simbol negara RI.

"Masyarakat juga harus memiliki kebanggaan kepada rupiah sebagai simbol dan identitas negara. Tapi memang ada masyarakat yang menurunkan wibawa rupiah itu sendiri. Seperti membuat konten TikTok dan gambar pahlawan itu menurunkan wibawa rupiah kita," jelas Marlison dalam diskusi virtual, Rabu (14/4/2021).


BI berupaya untuk meningkatkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga rupiah, cinta dan memahami rupiah.

Cinta rupiah maksudnya adalah mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga rupiah. Kemudian selalu menggunakan 3D dilihat, diraba diterawang untuk memeriksa keaslian rupiah.

"BI mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah, menjaga Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk Bangga Rupiah," tuturnya.

Seperti diketahui, belakangan viral di media sosial sebuah video yang menampilkan sejumlah foto pahlawan yang ada di uang kertas, yang kemudian dibuat parodi seakan bisa bergerak dan berbicara.

Dalam video berdurasi 59 detik itu, terlihat ada berbagai uang pecahan mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 100.000 yang tersusun secara bersebelahan.

Uang pecahan yang tertera wajah Pahlawan Indonesia seperti Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta pada pecahan Rp 100 ribu, kemudian ada pula tokoh pahlawan Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja dalam pecahan Rp 50 ribu, dan sebagainya itu dibuat seolah bisa bergerak dan mengeluarkan suara.

"Cinta rupiah dengan mengenali, merawat, dan menjaga. Bangga rupiah sebagai simbol kedaulatan, pembayaran yang sah, dan pemersatu bangsa. Serta paham rupiah dalam bertransaksi, berbelanja, dan berhemat," jelas Marlison.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading