Ingin Pecahan Rp 75.000 Jadi THR Lebaran? Ini Cara Tukarnya

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
14 April 2021 17:12
Ilustrasi pecahan uang 75.000. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tradisi bagi-bagi tunjangan hari raya (THR) selalu menghiasi suasana ramadhan di Indonesia. Uang pecahan Rp 75.000 bisa dijadikan alternatif untuk dibagikan saat perayaan Idul Fitri.

"Ini kesempatan masyarakat yang kita dorong untuk bisa memberikan UPK 75 sebagai THR dan angpao. Karena ini bisa jadi alat belanja dan merupakan alat transaksi yang sah sebagai alat pembayaran," ujar Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim dalam diskusi virtual, Rabu (14/4/2021).

Marlison menjelaskan uang edisi khusus kemerdekaan Rp 75.000 ini merupakan uang yang terbit setiap 25 tahun sekali. Sehingga apabila tidak ingin digunakan sebagai alat transaksi pembayaran, bisa juga dijadikan sebagai sebuah barang koleksi.


Bagaimana cara menukar uang Rp 75.000?

Marlison menjelaskan, bagi masyarakat yang berkeinginan untuk menukarkan uang pecahan Rp 75.000 caranya mudah sekali. Dengan membawa KTP asli dan fotocopy-nya bisa digunakan untuk menukar UPK 75 sebanyak 100 lembar setiap hari.

"Setiap hari baik melalui mekanisme penukaran individu maupun kolektif," jelas Marlison.

Kebijakan terkait penukaran individu yang semula paling cepat dilakukan pada H+1 setelah masyarakat pesan secara online, menjadi waktu penukaran H+0 apabila pemesanan dilakukan sebelum pukul 11.30.

"Uang penukarannya sudah bisa dimulai sejak bulan lalu dan sudah bisa dilakukan penukaran. Syaratnya adalah 1 KTP bisa menukar 100 lembar per hari dan bisa diulang setiap hari dan berikutnya, tidak dibatasi. Tapi kita batasi per hari hanya 100 lembar," jelas dia.

Untuk masyarakat yang ingin menukarkan bisa langsung datang ke bank umum dan membawa kartu identitas. Selain itu bisa juga mendatangi kantor perwakilan Bank Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading