Bukan Kaleng-Kaleng, Ini Kecanggihan Jet Tempur KFX

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
13 April 2021 15:35
Menhan Prabowo Hadiri Peluncuran Pesawat Jet Tempur KFX di Korea Selatan (Tangkapan Layar via Kemhan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Korea Selatan (Korsel) memperkenalkan prototipe jet tempur KF-X baru pekan lalu. Dalam kesempatan itu hadir Presiden Moon Jae In dan juga Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto.

Korea Selatan dan Indonesia juga sepakat untuk melanjutkan kerja sama dalam proyek pesawat jet itu. Uji terbang KF-X dijadwalkan mulai tahun 2022 mendatang.

Sementara itu direncanakan pesawat KF-X akan memasuki masa layanan pada 2025 mendatang.


KF-X disebut sebagai pesawat tempur generasi 4,5 dan mengambil desain dari F-22 AS, dikutip dari Air force Technology, Selasa (13/4/2021). Menilik kehebatannya, pesawat ini didukung sejumlah spesifikasi mulai dari keamanan hingga soal senjata yang dibawa.

Pekerja sedang merakit KF-X di KAI di Sacheon . (Photo via Korea Aerospace Industries Ltd.(KAI))Foto: Proyek Jet Tempur KFX. (Photo via Korea Aerospace Industries Ltd.(KAI))
Pekerja sedang merakit KF-X di KAI di Sacheon . (Photo via Korea Aerospace Industries Ltd.(KAI))

Dalam kokpit, memiliki satu kursi dan tandem, serta dilengkapi kanopi tahan serangan burung dan angin yang disokong Texstars. KF-X juga memiliki sistem radar Elta Active Electronic all Scanned Array (AESA), sistem pencarian dan pelacakan inframerah (IRST), sistem penargetan electro-optical dan jammer frekuensi radio (RF).

Dari sisi senjata, akan ada peluncuran pelontar rudal air-to-air (MEL) Cobham. Alat ini untuk pengangkutan dan peluncuran rudal.

KF-X dapt membawa Bru-47 dan Bru-57 dari Harris Corporation. Sistem Pelepasan Munisi Cerdas ganda Bru-57 dapat membawa 2000 lbs atau 907,1 kg, serta mengangkut keluarga amunisi JDAM 1000 lbs (453,5 kg) dan 500 lbs (226,7 kg).

Pesawat memiliki dua mesin General Electric F414-GE-400. Mesin tersebut dilengkapi dengan sistem Full-Authority Digital Electronic Control (FADEC).

Masing-masing mesin akan memiliki daya dorong sebesar 20 ribu lbs atau 98kN.

Pesawat ini akan mengganti pesawat ROKAF F-4 dan F-5 milik Korsel yang sudah mulai berumur. Diharapkan KF-X sudah dapat diproduksi sekitar dua tahun lagi.

Korea Aerospace Industries (KAI) memperkirakan akan memproduksi jet tempur mencapai 120 buah pada 2032 mendatang.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading