Mobil Listrik Mungil Wuling Rp 80 Jutaan Meluncur, Masuk RI?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
13 April 2021 12:23
Mobil Listrik Mungil Wuling Harga Rp 80 Jutaan. (Dok: Wuling)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wuling, perusahaan patungan General Motors (GM) dengan SAIC, meluncurkan kendaraan listrik mungil bernama Hong Guang MINI EV Macaron untuk pasar China. Apakah model mobil listrik ini akan masuk pasar Indonesia? apalagi Wuling belum satu pun merilis mobil listriknya di Indonesia.

General Motors, mengumumkan mobil mungil ini dibanderol mulai dari RMB 37.600 atau Rp 83 juta sampai dengan RMB 43.600 atau sekitar Rp 97 juta untuk varian tertingginya.

"Wuling telah meluncurkan Hong Guang MINI EV Macaron, anggota terbaru dari keluarga populer Hong Guang MINI EV. Dua varian yang menampilkan warna eksterior baru dan fitur keselamatan yang ditingkatkan," ungkap General Motors.


Mobil listrik mini ini hadir dalam tiga varian warna, yakni Avocado Green (hijau alpukat), Lemon Yellow (kuning lemon) dan White Peach Pink, yang dikembangkan bekerja sama dengan Pantone Universe.

Keamanan Hong Guang MINI EV Macaron telah ditingkatkan melalui airbag standar, sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake-force distribution (EBD), pemantauan pejalan kaki kecepatan rendah dan sistem pemantauan tekanan ban, kamera mundur dan sensor parkir belakang.

Mobil listrik ini memiliki dimensi panjang 2.917 mm dengan lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm, dengan jarak sumbu roda 1.940 mm. Kapasitas tempat duduk Macaroon ialah 2 + 2 dengan barus kursi baris kedua dapat dilipat.

Kendaraan listrik ini menghasilkan tenaga 20 kW (27 dk) dan torsi 85 Nm. Paket baterainya bisa membawa mobil melaju hingga 170 km. Pemilik mobil dapat memantau pengisian daya dari jarak jauh. Mobil listrik China mungil ini memiliki kecepatan tertinggi 100 km/jam.

Hong Guang MINI EV diperkenalkan pada Juli 2020. Ini telah menjadi kendaraan energi baru terlaris di China dan cukup populer di kalangan generasi muda.

Masih Studi di Indonesia

Pihak Wuling di Indonesia saat ini masih melakukan studi untuk memasukkan kendaraan listrik di Indonesia. Bila studinya cocok bagi pasar Indonesia, maka keniscayaan mobil listrik mungil ini bisa masuk Indonesia.

"Mobil listrik masih meneliti pasar dulu, setiap model baru, akan riset dulu, melihat dulu ekosistemnya, kita masih fokus dengan Almaz, Almaz RS, Cortez dan Confero," kata Media Relation Wuling Motors Brian Gomgom kepada CNBC Indonesia, Selasa (13/4).

Ia menegaskan studi ini tak hanya merujuk pada model Wuling Hong Guang Mini EV saja tapi model mobil listrik lainnya, yang berpotensi masuk Indonesia.

"Masih studi kendaraan listrik, bukan cuma model tertentu, kita banyak line up mobil listrik lainnya seperti E200, dan lainnya," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading