Heboh Gaji Petugas Kebersihan Pertamina Rp 13 Juta, Nyatanya?

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
13 April 2021 06:54
Slip Gaji Pertamina (ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini publik dihebohkan dengan isu gaji petugas kebersihan PT Pertamina (Persero) mencapai Rp 13,6 juta. Kabar ini bermula berasal dari sebuah foto yang disebut sebagai slip gaji beredar di dunia maya, tepatnya Instagram.

Slip gaji tersebut tertanggal 7 April 2021, dengan rincian gaji terdiri dari gaji pokok sebesar Rp 3 juta, bonus absen sebesar Rp 950 ribu, bonus kerja Rp 1,5 juta dan lemburan Rp 8,17 juta.


Isu tersebut pun langsung dibantah SVP Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto. Agus menegaskan, informasi dari unggahan foto tersebut tidak benar.

"Informasi pada postingan tersebut tidak benar dan menyesatkan," ungkapnya kepada CNBC Indonesia.

Dia mengatakan, pekerjaan bidang kebersihan ini termasuk jenis pekerjaan pendukung, di mana manajemennya dikelola oleh pihak ketiga. Hal ini menurutnya dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Sesuai dengan prosedur yang berlaku dan dilakukan secara profesional," ujarnya.

Demikian juga terkait pemberian slip gaji, menurutnya tidak menggunakan tulisan tangan, lalu diverifikasi lagi oleh pihak berwenang. Selain itu, imbuhnya, tidak menggunakan logo dari Pertamina.

Lantas, berapa gaji petugas kebersihan Pertamina?

Berdasarkan informasi dari Pertamina, gaji yang diberikan bisa dipastikan memenuhi aturan. Jika mengacu sesuai dengan aturan, artinya seharusnya sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR).

Bila di DKI Jakarta, Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 ditetapkan sebesar Rp 4,4 juta. Bila diasumsikan sebagai sektor terdampak Covid-19, bagi UMP DKI Jakarta 2021 ditetapkan sama dengan 2020 yakni Rp 4,2 juta.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading