Catat! Ini Pesan Gus Mus Soal Pentingnya 3M & Vaksinasi

News - dob, CNBC Indonesia
10 April 2021 20:03
Sejumlah warga lanjut usia menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Kembangan, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta warga lanjut usia (lansia) yang menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua langsung datang ke fasilitas kesehatan terdekat untuk menerima suntikan dosis vaksin virus corona (SARS-CoV-2). Peserta vaksinasi tahap kedua yang menyasar 21,5 juta orang berusia di atas 60 tahun ini tak perlu melalui proses pendaftaran secara personal. Penyuntikan vaksin sehari 108 lansia, Leni Aryani (49) kepala puskesmas kecamatan kembangan mengatakan

Jakarta, CNBC Indonesia- Kesehatan dan keafiatan merupakan anugerah Allah SWT yang paling didambakan semua manusia. Karena dengan kesehatan dan keafiatan itu manusia bisa menjalani kehidupan dengan baik.

"Karena itu, dalam kesempatan hari kesehatan ini saya ingin mengingatkan kembali bahwa kesehatan dan keafiatan merupakan suatu yang pokok," ujar KH Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus (9/4). "Kita bisa beribadah dengan baik karena sehat, kita bisa bersilaturahmi dengan keluarga dan saudara karena sehat," lanjut Gus Mus.

Menurutnya, Nabi Muhammad SAW, mencontohkan kehidupan yang sehat, menjaga kebersihan sampai kepada bagaimana menghadapi pandemi. Semua ada tuntunannya. Seperti kalau ada pandemi di suatu tempat, kalau kamu berada di dalam jangan keluar, kalau ada dari luar jangan masuk. "Itu tuntunan pokok," kata Gus Mus.


Pimpinan Pondok Pesantren Roudlalut Thalibin Leteh Rembang Jawa Tengah ini juga berpesan, agar dalam masa pandemi ini semua pihak harus lebih menjaga kesehatan karena ada ancaman virus berbahaya. Caranya, Kata Gus Mus, "Kita dengarkan saja yang ahli kesehatan, mereka yang memang berkecimpung yang memiliki pengetahuan tentang kesehatan."

"Jadi kita itu harus membiasakan, soal hukum cari ahli hukum, soal kesehatan cari ahli kesehatan, soal agama ya cari ahli agama. Jadi kita harus menempatkan segala sesuatu pada tempatnya," ujarnya. Begitu juga soal vaksinasi, Gus Mus menegaskan, kalau ahli kesehatan mengatakan itu penting sekali, maka harus dipatuhi.

Gus Mus juga berpesan kepada umat Islam dalam menyambut bulan suci Ramadan untuk mensucikan diri dengan terus melakukan instrospeksi diri. "Berbicara dengan diri kita sendiri selama ini, apakah sudah benar atau tidak dalam menjalani kembali ini," katanya.

Sebagai manusia, Gus Mus juga menilai, penting untuk terus mengupayakan kebaikan bagi diri sendiri dan juga orang lain. Dia mencontohkan seperti menggunakan masker yang sesungguhnya bukan cuma untuk kebaikan diri sendiri tapi juga orang lain. Menurut Gus Mus, menggunakan masker juga wujud menghormati orang lain.

"Karena menggunakan masker bukan untuk dirinya sendiri tapi menghormati orang lain. Saling menghormati inilah yang perlu kita tingkatkan supaya kita tidak melakukan hal yang justru merugikan kita bersama," ujar Gus Mus.

Terakhir, Gus Mus juga berpesan agar umat Islam menyelaraskan antara usaha dan doa kepada Allah SWT. "Supaya kita semua, jangan kita ayayi (menjalani,red) berdasarkan kemampuan kita sendiri. Tapi tetap memohon kepada Allah SWT, pencipta kita. Jadi kita berusaha dan berdoa," tutup Gus Mus.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading